icon-category Digilife

Jokowi Telepon Elon Musk Jajal Tempat Peluncuran Roket SpaceX di Indonesia

  • 14 Dec 2020 WIB
Bagikan :

Pendiri  SpaceX Elon Musk (Foto: Business Insider)

Uzone.id - Presiden Joko Widodo telah melakukan kontak telepon dengan pendiri SpaceX Elon Musk untuk menjajal kemungkinan mendirikan tempat peluncuran atau launcing pad bagi roket SpaceX di Indonesia.

Selain itu, Jokowi juga berbicara dengan Elon Musk mengenai mobil listrik dan komponen baterai listrik yang salah satu bahan utamanya banyak tersedia di tanah air.

"Kedua belah pihak bertukar pandangan mengenai industri mobil listrik dan komponen utama baterai listrik. Selain itu, Presiden RI Joko Widodo juga mengajak Tesla untuk melihat Indonesia sebagai launching pad Space X," tulis keterangan resmi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi.

Baca juga: Elon Musk Berharap Manusia ke Mars Tahun 2026

Disambut baik oleh Elon Musk, dia bermaksud mengirim tim ke Indonesia pada Januari untuk mempelajari rencana kemitraan.

Indonesia, punya cadangan tembaga, nikel, dan timah terbesar di dunia, kelimpahan komoditas tersebut untuk menarik investasi miliaran dolar.

Baca juga: Elon Musk: Produksi Tesla Model 3 Hampir Bikin Bangkrut


Negara ini tertarik untuk mengembangkan rantai pasokan penuh nikel di dalam negeri, terutama untuk mengekstraksi bahan kimia baterai, membuat baterai, dan akhirnya membangun EV.

Bulan lalu, Jokowi mengatakan pemerintahannya memiliki “rencana besar untuk membuat Indonesia produsen baterai lithium terbesar ”. Luhut Pandjaitan, Menteri Koordinator Maritim dan Investasi, mengatakan kepada Reuters bulan lalu bahwa ada peluang yang sangat bagus bahwa perusahaan SpaceC ingin berinvestasi dalam pengolahan nikel Indonesia untuk memangkas biaya.

Bahkan bila keputusan ini menemui titik terang, Musk tidak segan akan memberikan kontrak jangka panjang.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Tags : spacex space x Elon Musk 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini