home ×
Digilife

Penjelajah Zhurong China Kirim Gambar Pertama Permukaan Mars

23 May 2021 By
Penjelajah Zhurong China Kirim Gambar Pertama Permukaan Mars
Share
Share
Share
Share

Gambar ilustrasi Zhurong di Planet Mars (Foto: CNSA)

Uzone.id - China telah merilis foto pertama yang diambil dari penjelajah Zhurong, yang mendarat di permukaan Mars pada Jumat malam (14/5/2021) sebagai bagian dari misi Tianwen-1.

Administrasi Luar Angkasa Nasional China (CNSA), yang menjalankan misi tersebut, telah merilis dua foto Mars yang diambil Zhurong. Satu berwarna dan satu lagi hitam putih.

Kedua gambar menunjukkan bagian dari penjelajah dan pendaratnya dengan latar belakang Utopia Planitia, daratan utara yang luas yang akan dijelajahi Zhurong selama misinya.

Gambar berwarna menunjukkan pemandangan ke arah bagian belakang Zhurong, yang diambil oleh kamera navigasi di atas dek utama Zhurong.

(Foto: CNSA) 

 

BACA JUGA: Marak Netizen Indonesia Hina Palestina, DPR Minta Kominfo Tanggung Jawab

Sedangkan gambar hitam putih berasal dari kamera penghindar rintangan di depan rover. Gambar ditangkap dengan lensa sudut lebar yang juga mengungkapkan pemandangan cakrawala Mars di kejauhan, serta dua instrumen radar bawah permukaan pada Zhurong.

(Foto: CNSA)

 

Pendaratan Tianwen-1 di Mars menjadikan China negara kedua yang berhasil mencapai daratan Planet Merah itu, bergabung dengan Amerika Serikat.

Uni Soviet dan Badan Antariksa Eropa juga telah mengirim misi ke permukaan Mars, namun pendaratan tersebut belum berhasil.

Kedatangan Zhurong membuat penghitungan penjelajah Mars aktif menjadi tiga, bergabung dengan penjelajah Curiosity dan Perseverance milik NASA.

Tianwen-1 juga jadi pengorbit Mars pertama yang berhasil ditorehkan China.

Penjelajah Zhurong memiliki berat 240 kilogram membawa enam istrumen yang akan digunakan untuk mempelajari geologi dan iklim di wilayah Utopia Planitia. Kendaraan penjelajah ini rencananya beroperasi sekitar 3 bulan.

Tonggak sejarah Zhurong berikutnya diperkirakan akan terjadi pada Jumat atau Sabtu (21 Mei atau 22 Mei), di mana Zhurong akan menuruni jalur landai yang terlihat dalam gambar skala abu-abu baru untuk mencapai permukaan Mars.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id