icon-category Auto

Ada Mobil Listrik Mini DFSK dan K-Upgrade, Apa Kata Wuling?

  • 27 Jun 2022 WIB
  • Bagikan :
    Mobil listrik mini DFSK kena spy shot di jalanan Indonesia. (Instagram @hafidzzul15)

    Uzone.id – Mobil listrik segmen entry level di pasar Indoneia diprediksi bakal diramaikan dengan banyak pilihan produk dari berbagai brand otomotif di masa depan.

    Namun, Wuling Motors jadi perintis mobil listrik yang bermain di segmen entry level dan mereka seudah bersiap meluncurkan mobil Wuling EV tahun ini.

    Sementara kita menunggu peluncuran Wuling EV, ternyata brand lain pun rupanya sudah mempersiapkan model untuk masuk ke pasar yang sama.

    Baru-baru ini, mobil listrik mini DFSK sudah melakukan uji coba di jalanan Indonesia. Mobil tersebut mirip dengan model yang sudah diluncurkan di China, yakni DFSK FenGuang Mini EV yang dijual sekitar USD5.000 atau Rp74 juta (kurs Rp14.884 per USD1).

    BACA JUGA: Mobil Listrik DFSK Harga Rp74 Juta Dites di Jalanan Indonesia

    Mobil listrik mini K-Upgrade (Foto: PT Kurnia)

    Di Negeri Tirai Bambu, di kelas ini juga diramaikan oleh Chery QQ Ice Cream, Wuling Hongguang Mini EV, Baizhi Daxiong, Changan Benben E-Star, dan Baojun E300 EV.

    Selain DFSK yang sudah berancang-ancang menghadirkan mobil listrik mininya, PT Kurnia EVCBU Internasional (PT Kurnia) yang bermarkas di Gondangdia, Jakarta Pusat, juga sudah resmi menjual mobil listrik mini K-Upgrade yang dimensinya hampir sama dengan Suzuki Karimun Wagon R.

    PT Kurnia bahkan menjual K-Upgrade di angka Rp75 juta. Meskipun, konsumen harus inden maksimal 180 hari kerja, seperti dituturkan oleh General Manger PT Kurnia, Angghie kepada Uzone beberapa waktu lalu.

    Lalu, apa komentar Wuling Motor setelah muncul calon pesaing Wuling EV?

    “Kalau itu kita gak bisa komentar apa-apa. Yang pasti Wuling sekarang sudah siap menghadirkan Wuling EV-nya di Indonesia. Nah komitmen kita di 2021 kemarin, kita komitmen tahun ini kita luncurkan dan progresnya teman-teman media sudah lihat ya, sketsanya di IIMS 2022, lalu 1 Juni kita perlihatkan eksteriornya,” tutur Media Relations Wuling Motors, Brian Gomgom, diwawancara Uzone di acara Coahing Clinic Bersama Wuling dan Komunitas Fotografi TelkomGroup (KFT), pada Minggu (26/6/2022).

    BACA JUGA: Foto-foto Karya Harits Subhan, Pemenang Lomba Hunting Foto Wuling

    Wuling EV (Foto: Tomi Tresnady / Uzone.id)

    Brian menambahkan, untuk detail Wuling EV seperti apa, masyarakat mohon untuk menunggu. Yang pasti, kata dia, mobil listrik Wuling ini belum pernah ada di pameran otomotif sebelumnya dan berbeda dengan yang sudah ada.

    Mengenai brand lain sudah siap jadi lawan Wuling EV, Brian mengatakan bahwa hal itu tidak masalah karena pasar otomotif di Indonesia selalu bertumbuh.

    “Bagus lah kalau kita lihat. Namun karena ini mobil listrik benar-benar baru tentunya akan membuka kesempatan yang besar juga. Tentunya kalau banyak pilihan di segmen tersebut itu bagus untuk customer, tinggal kita di sisi produsen bisa menjawab apa kebutuhan mereka,” kata Brian.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini