Digilife

Adegan Sinetron Mirip ‘Squid Game’, Begini Respon Netflix Indonesia

  • 25 October 2021
  • Bagikan :
    Adegan Sinetron Mirip ‘Squid Game’, Begini Respon Netflix Indonesia

    Foto: Squid Game (Twitter: @NetflixKR)

    Uzone.id - Setelah mencetak rekor sebagai serial Netflix yang paling banyak ditonton saat ini, Squid Game masih menjadi pembicaraan hangat di kalangan masyarakat dunia.

    Saking fenomenalnya series ini, segala hal yang berbau Squid Game menjadi laris di pasaran, termasuk permen dalgona khas Korea dan juga setelan jaket hijau Squid Game yang banyak dicari para pecinta drama ini.

    Bahkan tak sedikit yang ‘terinspirasi’ mengikuti tema drama ini untuk menggaet perhatian para warganet. 

    Baru-baru ini, salah satu episode dari sinetron Indonesia ‘Dari Jendela SMP’ menjadi perhatian netizen Indonesia karena dianggap meniru series original dari Netflix tersebut.

    Baca juga: Kritik Warganet Soal Viralnya Panitia Tes CPNS Pakai Tema ‘Squid Game’

    Salah satu episode Dari Jendela SMP menampilkan sebuah permainan mirip Squid Game dengan nama ‘Dolanan Game’. Pakaian yang mereka pakai pun dibuat mirip dan memiliki nomor masing-masing layaknya series yang ditonton lebih dari 111 juta orang tersebut.

    Tak hanya itu, karakter ‘The Frontman’ juga dihadirkan dalam salah satu adegan sinetron Dari Jendela SMP tersebut lengkap dengan topeng dan seragam berwarna hitam.

    Tayangan yang dianggap plagiat ini kemudian mendapat berbagai reaksi dari warganet di Twitter, bahkan Netflix Indonesia pun ikut memberikan respon terkait salah satu episode Dari Jendela SMP tersebut.

    Beberapa netizen mempertanyakan perizinan dari pihak produksi, ada juga yang mempertanyakan plot dari cerita tersebut.

    “Squid Game (2021) dengan kearifan lokal,” tulis salah satu sender dalam autobase seputar film, @Moviemenfes pada 22 Oktober 2021.

    Akun Netflix Indonesia @NetflixID dengan followers mencapai 1,1 juta lebih pun ikut mengomentari postingan tersebut dengan mengirimkan gambar GIF dengan wajah salah satu karakter Squid Game Seong Gi Hun yang sedang tersenyum lebar.

    Respon dari akun Netflix Indonesia tersebut telah disukai lebih dari 6,9 ribu netizen.

    “Serius nanya, emang mereka sudah izin ya? Copyright nya itu hmm,” komentar salah satu netizen dengan like lebih dari 2,6 ribu.

    Baca juga: 'Squid Game' Pecahkan Rekor Netflix, Ditonton 111 Juta Kali

    “ini klo Knetz tau, kira-kira bakal gimana ya?” kata netizen yang lain.

    Netizen lain bahkan bereaksi seakan-akan mereka adalah netizen Korea Selatan.

    “Knetz be like: "acara apa ini? Apakah ini seperti Squid game? Heol~~ apakah mereka sudah mendapat izin dari sang sutradara? Tetapi topeng itu terlihat mengerikan ã…‹ã…‹ã…‹.”

    Salah satu warganet juga mencoba menjelaskan plot cerita dari Dolanan Game tersebut.

    “Yang penasaran itu ceritanya main game biar dapat 20 juta apa berapa gitu, terus diadain game itu juga biar peraturan di sekolah mereka tentang "no love-love club" dihapus. Jangan tanya lebih lanjut karena w juga diceritain adek. Tamat.”

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini