Startup

AdMedika Mulai Sasar Digitalisasi Kesehatan di Institusi Pendidikan

  • 20 September 2021
  • Bagikan :

    Ilustrasi (Foto: National Cancer / Unsplash)

    Uzone.id - Proses digitalisasi bidang kesehatan kini tak hanya menyasar rumah sakit dan perusahaan, tapi juga di institusi pendidikan. Dalam perjalanannya saat ini, bisnis kesehatan Telkom, AdMedika, mencoba mempermudah para dosen dan karyawan di lingkungan universitas untuk mendapat layanan kesehatan yang cepat.

    Salah satu yang baru saja dilakukan adalah menyediakan solusi layanan kesehatan berbasis digital di lingkungan Universitas Padjadjaran. Kerja sama ini meliputi penyediaan layanan AdClaim dan AdPass.

    Direktur Enterprise & Business Service Telkom Edi Witjara mengatakan jika pandemi Covid-19 yang masih berlangsung memberikan dampak yang cukup besar terhadap pertumbuhan tingkat adopsi digital masyarakat sekaligus perilaku pelanggan. Pada sektor layanan kesehatan, pandemi telah meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap perlunya kemudahan dalam mengakses layanan, baik secara korporasi maupun individu.

    BACA JUGA: UGM Lakukan Penelitian Soal Santet, Ini Hasilnya

    "Hal ini yang melatarbelakangi PT Telkom Indonesia melalui anak usahanya yang bergerak di bidang kesehatan, AdMedika dan TelkoMedika menyediakan solusi layanan kesehatan yang berbasis digital dan terintegrasi," ujar Edi dalam keterangan resminya, Senin, 20 September 2021.

    Layanan AdClaim merupakan layanan manajemen klaim kesehatan untuk memudahkan peserta mendapatkan layanan kesehatan secara cashless dan online, yang diperuntukkan bagi pegawai Unpad beserta keluarga. Sedangkan AdPass merupakan aplikasi berbasis web yang ditempatkan di fasilitas kesehatan sebagai verifikasi eligibilitas peserta. Layanan kesehatan ini nantinya dapat dilakukan di Klinik Unpad dan di seluruh Klinik TelkoMedika yang ada di Indonesia serta didukung dengan program preventif kesehatan lainnya.

    BACA JUGA: Tips Hilangkan Menu Arsip Di Layar Atas WhatsApp

    Dengan adanya kedua layanan ini, pegawai Unpad beserta keluarga dapat melakukan pengobatan kesehatan secara mudah hanya dengan menunjukkan kartu peserta. Selain itu dengan menjadi provider online AdMedika, maka Klinik Unpad dapat membuka layanan kesehatan kepada peserta AdMedika lainnya dari seluruh Indonesia.

    Selain kerja sama ini, kata Edi, ke depannya, Telkom juga siap berkolaborasi dengan para inovator dari Unpad untuk dapat mengembangkan inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat.