home ×
Digilife

Adopsi Windows 11, Microsoft Wajibkan Laptop Punya Webcam

25 June 2021 By
Adopsi Windows 11, Microsoft Wajibkan Laptop Punya Webcam
Share
Share
Share
Share

 

Uzone.id - Microsoft akhirnya meluncurkan pembaharuan dari sistem operasi miliknya, Windows 11. Pembaharuan itu tak hanya berlaku pada UI tapi juga performance dan peningkatkan produktivitas sistem operasi tersebut.

Salah satu yang menarik adalah kebutuhan yang harus dipenuhi oleh sebuah perangkat laptop untuk bisa mengadopsi Windows 11. Beberapa di antaranya adalah teknologi Secure Boot dan TPM 2.0. Namun ternyata ada juga terkait kewajiban untuk perangkat kamera di laptop.

Baca juga: 3 Alasan yang Bikin Windows 11 Menarik untuk Gamers

Jika kedua teknologi pertama bisa dilakukan di kemudian hari, namun tidak demikian untuk kewajiban kamera. Dalam dokumen resmi Microsoft tertera jika setiap laptop yang ingin mengadopsi Windows 11 wajib memiliki kamera atau webcam. Tidak peduli apakah kamera itu harus diletakkan di depan atau di belakang, yang penting harus ada webcam.

Ditambahkan dalam dokumen tersebut, semua tipe perangkat harus memiliki webcam mulai 1 Januari 2023. Namun aturan ini tidak berlaku bagi desktop PC.

Spesifikasi pada kamera termasuk juga di antaranya memiliki resolusi kamera dengan definisi tinggi (HD) dan Auto Exposure (AE). HD di sini mengacu pada 720p dengan resolusi 1280 x 720 dan rasio aspek 1:1. Selain itu, webcam juga perlu memiliki dukungan untuk auto-white balance dan auto exposure.

Terakhir, Microsoft juga telah menetapkan beberapa aturan untuk perangkat yang akan dilengkapi dengan tombol kamera khusus. Menurut mereka, tombol kamera harus dapat mengaktifkan perangkat saat dibutuhkan. Perusahaan, bagaimanapun, memberi produsen kebebasan untuk memasukkan kamera dual action maupun single.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id