home ×
Gadget

Adu Ponsel Flagship Oppo Find X2 vs Samsung Galaxy Note 20 Ultra & Huawei P40+ Pro

28 December 2020 By
Adu Ponsel Flagship Oppo Find X2 vs Samsung Galaxy Note 20 Ultra & Huawei P40+ Pro
Share
Share
Share
Share

Oppo Find X2 (Foto: Cnet)

Uzone.id - Tahun ini sejumlah vendor ponsel telah meluncurkan ponsel flagship miliknya, seperti Oppo dengan Find X2 series, Samsung melalui Galaxy Note 20 Ultra dan Huawei P40+ Pro

Oppo baru saja meluncurkan ponsel flagship terbarunya, yaitu Oppo Find X2 series pada bulan Maret kemarin. Smartphone ini menghadirkan inovasi dan teknologi terdepan. Dengan semua keunggulan yang penuh inovasi baru, dan mengusung teknologi layar 10 bit, dengan refresh rate 120Hz, dalam desain waterfall screen.

Oppo Find X2 juga memberikan pengalaman yang menyeluruh bagi pengguna melalui The Ultimate Visual Experience pada layar dan kamera. The Ultimate Performance pada prosesor, Sony sensor IMX689, dan pengisian daya Super VOOC 2.0 65W. Serta The Ultimate Design Experience pada desain perangkat dan software.

Baca juga: Ponsel Gahar yang Siap Rilis Akhir Tahun 2020

Baik Oppo Find X2 maupun Find X2 Pro sama-sama dibekali dengan 120Hz QHD+ Ultra Vision Screen yang mampu memberikan lebih dari satu milyar variasi tampilan warna. Resolusi 3168 x 1440, 513 ppi, daya pemantulan layar rendah, dan pencahayaan layar maksimum hingga 1200nit, O1 Ultra Vision Engine untuk meningkatkan performa kualitas video, hingga Motion Clear dan HDR video enhancement.

Oppo Find X2 Pro Edisi Lamborgini

 

Untuk kebutuhan fotografinya, smartphone ini memiliki tiga kamera di bagian belakang. Terdiri dari kamera perikop telephoto dengan 13MP yang mampu mencapai 10x zoom hybrid, kamera ultrawide 12MP, dan kamera 48MP. Sedangkan, kamera depannya beresolusi 32MP.

Khusus Oppo Find X2 Pro, kamera utamanya memiliki sensor yang dikustomisasi, yaitu Sony IMX689 yang memiliki ukuran sensor terbesar dibandingkan dengan semua sensor kamera smartphone 48 MP yang ada di pasaran.

Sensor gambar yang kuat itu lantas dikombinasikan dengan teknologi dual native ISO dan aperture besar f/1.7 memungkinkan pengguna untuk memotret dalam ruangan dengan pencahayaan yang rendah.

Selain itu, Find X2 Pro dilengkapi dengan teknologi Ultra Steady Video Pro dan Ultra Steady Video. Find X2 Pro tidak hanya memungkinkan perekaman video dengan resolusi 4K 60fps, tetapi juga perekaman video secara Live HDR.

Dengan mengintegrasikan perekaman video 10bit, pixel-level real-time grading exposure, dan kalibrasi warna video, Find X2 Pro menjadikan highlights dan bayangan dalam rekaman dengan cahaya belakang lebih jelas dan memberikan efek video yang lebih bertekstur.

Dengan begitu, pengguna pun bisa dimanjakan dengan kenyamanan dalam melihat video dan bermain game. Selain itu, nantinya pengguna juga bisa merasakan kualitas layar dengan warna yang lebih akurat dan nyata.

Beranjak ke urusan dapur pacu, Oppo Find X2 Series adalah salah satu smartphone pertama di dunia yang dilengkapi dengan Qualcomm Snapdragon 865 Mobile Platform untuk memastikan performa yang mulus.Untuk secara efektif mengatur jaringan yang kompleks seperti 4G, 5G, dan WiFi.

Oppo Find X2

Teknologi ini mendukung 5G + 4G dual-receiver, dual-card, dan dual-standby dengan jaringan yang lebih stabil. Perangkat ini mampu secara mulus berpindah sistem jaringan sesuai dengan kondisi jaringan.

Di sisi lain, Oppo Find X2 Pro adalah smartphone pertama yang mendukung All Pixel Omni-directional PDAF dengan kemampuan mencapai 100 persen pixel focusing dan omnidirectional focusing.

Find X2 Pro juga memiliki chip driver OIS terbaru yang dikombinasikan dengan teknologi image multi-focus fusion dan ultra-resolution algorithm untuk memastikan konsistensi warna dan white balance saat berganti kamera.Hal ini menjadikan proses zoom lebih alami dan mulus.

Dalam hal ketahanan baterai, Find X2 dan Find X2 Pro masing-masing memiliki baterai 4200mAh dan 4260mAh. Keduanya dilengkapi dengan teknologi 65W SuperVOOC 2.0 flash charge terbaik di industri.

Teknologi ini memiliki daya pengisian baterai tercepat dan teraman pada industri smartphone. SuperVOOC 2.0 dapat sepenuhnya mengisi baterai Find X2 Pro hanya dalam waktu 38 menit.

Demi mendukung kinerjanya, Oppo Find X2 ditanamkan baterai 4200 mAh. Dengan dukungan pengisian daya cepat 65W, dan pengisian daya wireless 30W.

Untuk fitur lainnya, smartphone ini sudah mendukung NFC, sidik jari yang berada di dalam layar. Serta bodi yang tahan air dan bersertifikasi IP68.Juga fitur bluetooh 5.1, jaringan 5G, dan wi-fi 802.11

Oppo Find X2 sendiri hadir dengan konfigurasi RAM 12 GB dan ROM 256 GB dan telah tersedia dalam dua varian warna yakni Dark Sea dan Blue Wave. Soal harga, Oppo Find X3 ini dibanderol dengan harga Rp 14,999 juta.

Sementara itu, Oppo Find X2 Pro dengan konfigurasi RAM 12 GB dan ROM 512 GB dijual dengan harga Rp 17,999 juta. Find X2 Pro tersedia dalam dua pilihan warna, Tea Orange dan Dark Sea.

Perbandingan Oppo Find X2, Samsung Galaxy Note 20 Ultra, dan Huawei P40+ Pro

Galaxy Note20 Ultra

 

Setelah Oppo mengeluarkan Oppo Find X2, Samsung juga merilis Galaxy Note 20 Ultra dengan harga Rp 18 juta, dan Huawei P40 Pro+ Rp 18,5 juta. Ketiga smartphone ini masuk ke dalam jajaran ponsel Android termahal yang sudah dirilis di Indonesia, Kira-kira seperti apa perbandingan spesifikasinya? Berikut adalah informasinya:

  1. Desain

Dilihat dari segi desain, Oppo tampil unik karena menggunakan bahan keramik dan kulit vegan di Find X2 Pro. Bahan keramik juga ditemukan di P40 Pro+, sementara Galaxy Note 20 Ultra memakai bahan rangka stainless steel serta bagian belakang yang dilapisi Gorilla Glass Victus.

  1. Layar

Di aspek ini, Find X2 Pro memakai layar OLED QHD+ 120Hz dengan panel 10bit. Galaxy Note 20 Ultra dibatasi di resolusi 1080p jika mau menggunakan refresh rate 120Hz, meski layar AMOLED-nya punya resolusi maksimal 1440p. Sementara P40 Pro+ layarnya punya resolusi dan refresh rate 1200 x 2640 pixel 90Hz.

  1. Hardware

Soal kapasitas RAM, P40 Pro+ punya RAM 8GB, sedangkan Galaxy Note 20 Ultra dan Find X2 Pro punya RAM 12GB. Sementara untuk storage, Galaxy Note 20 Ultra varian termurah punya storage 256GB, P40 Pro+ dan Find X2 Pro punya 512GB.

Baca juga: Hapus Unggahan Ejekan ke Apple, Samsung Singkirkan Kepala Charger Trio Galaxy S21?

Prosesor ketiganya pun berbeda, Find X2 Pro memakai Snapdragon 865, Galaxy Note 20 Ultra memakai Exynos 990, dan P40 Pro+ memakai Kirin 990 5G, meski semuanya itu punya delapan core.

Galaxy Note 20 Ultra juga satu-satunya ponsel di daftar ini yang menawarkan active stylus terintegrasi, yaitu S Pen. Baik Find X2 Pro maupun P40 Pro+ tak mempunyai fitur ini.

  1. Kamera

Dikutip dari Gizmochina, P40 Pro+ punya spesifikasi kamera yang paling menarik dengan 10x zoom optik, dual OIS, dan sensor kamera utama 50 megapixel. Meski baik Galaxy Note 20 Ultra dan Find X2 Pro pun punya kamera yang mumpuni.

  1. Baterai

Galaxy Note 20 Ultra punya baterai paling besar dengan kapasitas 4500 mAh, ini mengimbangi ukuran layar dan resolusinya yang paling besar, yang artinya konsumsi dayanya bakal lebih besar.

Soal kecepatan charging, Oppo menawarkan teknologi charging 65W, berbanding 25W di Galaxy Note 20 Ultra, dan 40W di P40 Pro+. Namun, Huawei punya teknologi wireless charging dengan daya paling besar, yaitu 40W.

Kekurangan Oppo Find X2

Oppo Find X2 memang salah satu pilihan smartphone high-end yang menggiurkan. Tapi, bukan berarti smartphone ini tanpa cela, lho! Kamu juga harus mempertimbangkan beberapa kekurangannya sebagai berikut:

  1. Tanpa 3,5 mm Jack

Untuk menciptakan pengalaman mendengarkan musik, atau menonton film, tentu diperlukan headset. Masalahnya, rata-rata orang memiliki headset yang memerlukan konektivitas 3,5 mm pada perangkat.

Oppo Find X2 tidak dihadirkan dengan konektivitas ini sehingga kamu perlu menggunakan adapter agar bisa disambungkan ke USB tipe-C. Atau, kamu harus keluar uang lagi untuk membeli headset wireless yang bisa menyedot baterai smartphone.

  1. Tanpa Dukungan Memori Eksternal

Oppo Find X2 adalah salah satu smartphone terbaru yang menghilangkan kemudahan memori eksternal dengan memberikan kapasitas memori internal yang besar, yakni 256 GB. Meski demikian, fitur memori eksternal merupakan hal mutlak bagi sebagian orang supaya data-data di dalamnya tetap aman meski dilakukan factory reset.

Sementara itu, memberikan dukungan memori eksternal pada smartphone yang sudah memiliki kapasitas besar bukanlah hal mustahil. Contohnya seperti Samsung Galaxy S20 Ultra yang memiliki memori internal hingga 512 GB namun tetap menyediakan slot microSD.

  1. Tidak Memiliki Fitur Face Unlock

Belakangan ini sering sekali smartphone keluaran 2020 yang hadir dengan fitur pembuka kunci melalui deteksi wajah. Bahkan, fitur ini sudah merambah ke segmen harga menengah. Karena itu, cukup disayangkan tidak ada fitur Face Unlock pada Oppo Find X2. Padahal produk keluaran Oppo di segmen menengah seperti Oppo A12 sudah dilengkapi AI Face Unlock.

Untung saja, masih ada fitur sidik jari yang mutakhir sebagai kompensasinya. Namun, jika kamu termasuk orang yang mencari fitur Face Unlock pada smartphone, mungkin Oppo Find X2 bukan pilihan yang tepat.

  1. Hanya Memiliki Sertifikasi IP54

Salah satu hal yang mungkin agar sering terlupakan namun tidak kalah penting adalah ketahanan smartphone terhadap air. Tentu saja, umumnya smartphone bukanlah barang yang cocok dibawa mandi apalagi berenang, namun tidak ada yang bisa memprediksi kapan smartphone akan terjatuh atau ketumpahan air.

Sayangnya, sertifikasi Oppo Find X2 hanyalah IP54 yang hanya tahan terhadap cipratan air. Bagi sebagian orang mungkin hal ini cukup. Namun tidak ada salahnya mencari smartphone yang juga tahan apabila tercemplung ke dalam air. Padahal, Oppo Find X2 Pro sudah dilengkapi IP68 yang tahan di air pada kedalaman hingga 1,5 m selama 30 detik.

  1. Harga Oppo Find X2

Hal pertama yang mungkin bisa dikatakan sebagai kekurangan Oppo Find X2 adalah dengan harganya yang mahal. Smartphone ini dijual dengan kisaran harga 7 jutaan. Sehingga bisa dikatakan sebagai smartphone untuk kalangan menengah ke atas. Meski spesifikasinya memang serba oke, namun, harga ini mungkin memang akan cukup berat bagi kelas di bawahnya.

  1. Baterai non removable

Kekurangan selanjutnya terdapat pada baterai smartphone yang sifatnya non-removable. Di awal-awal mungkin ini cukup tidak berpengaruh karena meski non-removable, baterainya sudah cukup memuaskan. Namun, jika terjadi sesuatu, termasuk kerusakan pada baterai, tentu saja akan cukup menyulitkan karena secara otomatis baterai tidak bisa dipisah dari ponsel.

Demikian pembahasan tentang Oppo Find X2. Mulai dari kelebihan, perbandingan hingga kekurangan. Semoga pembahasan ini, bisa membantu kamu Itu sebagai pertimbangan yang bisa kamu jadikan acuan mengenai Oppo Find X2. Enjoy!

 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

0 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article