home ×
Gadget

Akankah iPhone 12 Punya Touch ID demi Permudah Pengguna Masker Buka Ponsel?

07 October 2020 By
Akankah iPhone 12 Punya Touch ID demi Permudah Pengguna Masker Buka Ponsel?
Share
Share
Share
Share

(Foto: Unsplash)

Uzone.id -- Sejak iPad Air 4 diperkenalkan di ajang Apple Event pada pertengahan September kemarin, salah satu teknologi yang mendadak didambakan orang-orang agar bisa hadir di iPhone 12 adalah Touch ID yang diintegrasikan di tombol power di bagian atas.

Kalau dipikir-pikir, fitur Touch ID yang memanfaatkan sidik jari untuk membuka perangkat seperti yang dimiliki iPad Air 4 ini dapat bermanfaat bagi pengguna selama masa pandemi jika turut dihadirkan di iPhone 12.

Alasannya sederhana, yakni pengguna tidak perlu repot membuka masker pada wajah terlebih dahulu untuk membuka iPhone, mengingat iPhone X ke atas memanfaatkan Face ID untuk membuka kunci ponsel. Selama ini, Face ID sendiri belum bisa mengenali wajah pengguna jika kebetulan sedang mengenakan masker.

Baca juga: 2 Hal yang Perlu Dicontek iPhone 12 dari iPad Air 4

Mengutip Cnet, jika Apple masih sayang untuk menyingkirkan Face ID, banyak yang berharap Touch ID juga tetap dapat dihadirkan, dengan desain dan letak yang kurang lebih mirip seperti iPad Air 4.

Terlepas dari harapan konsumen, semuanya memang belum bisa dipastikan sebelum Apple benar-benar merilis iPhone 12 yang resmi akan digelar pada 13 Oktober mendatang.

Namun, dari prediksi lembaga analisis Reticle Research, besar kemungkinan harapan ini menjadi angan-angan belaka. Paling tidak, untuk iPhone yang dirilis di tahun ini.

“Fokus pada pembaca sidik jari anyar yang terintegrasi dengan tombol power seperti iPad Air 4 itu berpotensi baru akan muncul pada iPhone generasi berikutnya sebagai pelindung tambahan dari Face ID,” ungkap analis Ross Rubin.

Baca juga: Sekencang Ini Chipset A14 Bionic di iPhone 12

Dari apa yang diyakini Rubin, Apple biasanya membutuhkan waktu sekitar satu tahun sampai 18 bulan untuk mengembangkan iPhone baru. Artinya, iPhone anyar yang akan diluncurkan di tahun ini telah dirancang sebelum pandemi Covid-19 melanda dunia.

Sekadar diketahui, selain fitur sidik jari pada tombol power, fitur lainnya yang diharapkan ditiru oleh iPhone 12 dari iPad Air 4 adalah port USB-C.

iPad Air 4 akhirnya menyingkirkan port Lightning dan beralih ke USB-C seperti halnya iPad Pro. Dari sini, banyak yang berharap kalau iPhone 12 juga akan menggunakan USB-C, selain karena hampir semua ponsel Android menggunakan USB-C dan dapat mendukung kemampuan fast-charging, penggunaan USB-C saat ini sudah jauh lebih umum.

 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

0 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article