icon-category Digilife

Akhirnya Hadir di Indonesia, Instagram Rilis Fitur Pengawasan Orang Tua

  • 14 Sep 2022 WIB
  • Bagikan :
    Foto: dok. Instagram

    Uzone.id – Aplikasi jejaring sosial Instagram, resmi luncurkan fitur keamanan baru untuk orang tua di Indonesia yang diberi nama Pengawasan di Instagram.

    Bekerja sama dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) Republik Indonesia, komunitas Mom Sweet Mom, komunitas Popmama, dan PUSPAGA, peresmian ini turut dibarengi dengan peluncuran kampanye #AnakIndonesiaAmanDigital serta menjadi wujud komitmen Meta Indonesia dalam berkontribusi untuk pemenuhan hak anak dan perlindungan anak Indonesia.

    Head of Instagram Policy Programs Asia Pacific, Tara Bedi mengatakan bahwa prioritas utama Instagram adalah menjaga keamanan bagi para penggunanya.

    “Ini mengapa kami terus meluncurkan fitur-fitur keamanan agar pengguna bisa membangun pengalaman yang positif saat menggunakan Instagram, seperti manajemen waktu, filter komentar, filter perundungan, dan masih banyak lagi,” ujar Tara saat menghadiri acara peluncuran Fitur Pengawasan Instagram dan kampanye #AnakIndonesiaAmanDigital di Jakarta, Selasa (13/9).

    Baca juga: Instagram Bersiap Rilis Fitur Repost untuk Feed

    Ia melanjutkan, "fitur Pengawasan di Instagram yang kami luncurkan hari ini didesain agar orang tua bisa membangun transparansi dengan anak mereka perihal pemakaian Instagram. Kami berharap ini bisa membantu perjalanan mereka sebagai orang tua dari generasi yang aktif memakai media sosial,” tambahnya.

    Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, Bintang Puspayoga turut menyambut baik diluncurkannya fitur Pengawasan di Instagram.

    Melalui kampanye #AnakIndonesiaAmanDigital, Bintang turut berharap agar semakin banyak orang tua di Indonesia yang bisa bergerak aktif mendampingi dan mengawasi anak-anaknya sehingga mereka dapat memanfaatkan internet dengan bijak.

    “Kami mengajak seluruh pihak untuk meningkatkan keamanan anak di ruang digital. Bagi orang tua, dampingilah perjalanan anak-anak di media sosial, pastikan anak mengonsumsi konten-konten yang positif. Penting bagi orang tua untuk memposisikan anak sebagai partner diskusi yang setara, sehingga mereka dapat memahami sisi positif dan negatif dari media sosial,” ujar Bintang.

    Cara kerja fitur pengawasan di Instagram

    Fitur Pengawasan di Instagram merupakan fitur yang memungkinkan orang tua untuk saling terhubung dengan akun Instagram anak mereka. Tujuannya yaitu sebagai jembatan untuk membuka komunikasi yang transparan ke anak-anak.

    Kepala Komunikasi Instagram Asia Tenggara, Putri Silalahi mengatakan bahwa ada tiga kapabilitas utama dari fitur Pengawasan di Instagram: (1) Durasi waktu; (2) Melihat daftar followers dan following; (3) Notifikasi real time.

    “Dengan tiga kapabilitas tersebut saya berharap antara anak dan orang tua bisa terjalin komunikasi yang terbuka, pengertian, dan memantau apa yang terjadi dengan anak mereka secara real time,” terang Putri.

    Baca juga: Main Facebook, Instagram dan WhatsApp Gak Bakal Gratis Lagi?

    Untuk menggunakan fitur ini sendiri, orang tua perlu mengirimkan undangan terlebih dahulu ke akun anak, atau sebaliknya anak bisa mengundang orang tuanya untuk mengawasi akun mereka. Oleh karena itu, diperlukan adanya kesepakatan dari kedua belah pihak antara anak dan juga orang tua.

    Sementara cara mengaktifkannya, orang tua bisa masuk ke opsi “Settings” pada laman Instagram, dan pilih Fitur Pengawasan. Klik pilihan “Buat Undangan” dan tuliskan nama akun Instagram anak mereka.
    Setelah undangan orang tua di-approved oleh anak atau sebaliknya, maka kedua akun Instagram secara otomatis sudah terhubung.

    Di sana, orang tua akan memiliki akses untuk mengatur durasi waktu pemakaian Instagram untuk anak, melihat daftar akun-akun yang diikuti, dan orang tua juga akan mendapat notifikasi secara real time jika anak mereka melaporkan sebuah akun atau konten di Instagram dengan alasan tertentu.

    Sementara dalam tampilan Instagram anak, ia akan mendapatkan notifikasi bahwa akunnya sudah terhubung dan berada dalam fitur pengawasan.

    Untuk batas waktu bermain Instagram sendiri bisa diatur sesuka hati orang tua termasuk juga pilihan hari. Selain itu orang tua akan mendapatkan rekap jumlah waktu yang anak habiskan untuk bermain di Instagram setiap harinya lewat perangkat apapun.

    Melalui Kampanye #AnakIndonesiaAmanDigital pula para kolaborator juga akan mengadakan rangkaian pelatihan untuk orang tua di seluruh Indonesia. Tujuannya agar orang tua sadar untuk menjaga keamanan anak-anak mereka di dunia digital, termasuk mengaktifkan fitur Pengawasan di Instagram.

    Pelatihan akan dilakukan secara online dan offline seperti sesi Kuliah di WhatsApp, Instagram Live bersama para pakar, dan kelas tatap muka.

    Rencananya, Fitur Pengawasan di Instagram ini akan mulai diluncurkan untuk semua pengguna di Indonesia di aplikasi Instagram versi terbaru di Play Store atau App Store minggu ini.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini