icon-category Digilife

Instagram Bersiap Rilis Fitur Repost untuk Feed

  • 12 Sep 2022 WIB
  • Bagikan :

    Uzone.id – Selama ini, kalau mau nge-repost postingan favorit di Instagram, perlu aplikasi pihak ketiga yang harus diunduh ke smartphone. Cuma sebentar lagi, gak perlu lagi ribet install aplikasi pihak ketiga untuk membagikan ulang postingan orang lain, karena Instagram sedang menguji coba fitur baru bernama Repost.

    Fitur ini pertama kali ditemukan oleh Matt Navara, seorang konsultan media sosial. Via Twitter, ia membagikan tangkapan layar menu Repost di Instagram.

    Bentuk ikonnya cukup mirip dengan simbol Retweet di Twitter, beda pewarnaannya saja yang terlihat lebih eye-catching. Dari keterangan yang muncul di gambar, konten hasil repost akan ditampilkan juga pada kanal khusus di halaman profil pengguna, sejajar dengan Reels dan Tag.

    Kehadiran fitur Repost di Instagram dikonfirmasi juga oleh juru bicara Meta. Dikutip dari Techcrunch, fitur ini membuat pengguna dapat membagikan ulang postingan orang lain ke Feed mereka.

    Baca juga: Main Facebook, Instagram dan WhatsApp Tak Akan Gratis Lagi?

    “Kami sedang menjajaki kemampuan untuk membagikan ulang postingan di Feed, mirip dengan cara kalian membagikan ulang di Stories, sehingga orang-orang dapat membagikan apa yang sesuai dengan mereka, sehingga kreator asli dihargai atas karya mereka,” ujar perwakilan Meta.

    Memang belum ada kabar kapan fitur ini akan dirilis resmi. Namun, beberapa pengguna Instagram yang beruntung bakal diizinkan untuk menjajal fitur baru ini.

    “Kami berencana untuk segera menguji fitur repost dengan sejumlah kecil orang,” pungkasnya.

    Bukan sesuatu yang baru

    Fitur untuk membagikan ulang postingan orang lain bukanlah sesuatu hal yang baru. Twitter dan Facebook sudah sejak lama memiliki fitur ini, dan Instagram pun sebenarnya telah menerapkan cara yang sama pada IG Stories.

    Tampaknya Instagram menyadari banyak penggunanya yang sudah menggunakan fitur repost postingan orang lain ke Stories atau melalui Direct Message (DM) ke pengguna tertentu.

    Baca juga: Cara Instagram Reels Pepet Terus Tiktok: Jiplak Fiturnya!

    Sebenarnya, Instagram sudah mengerjakan fitur ini selama beberapa bulan terakhir. Menurut keterangan peneliti aplikasi, Alessandro Paluzzi, platform berbagi foto dan video itu sudah mengembangkan fitur Repost sejak Mei 2022 yang lalu.

    Sama halnya dengan fitur Quote Tweet pada Twitter, pengguna Instagram juga diizinkan untuk menambahkan caption sendiri saat membagikan ulang postingan orang lain.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini