home ×
Gadget

Akhirnya! Pengembang Video Game Roblox Bakal IPO 10 Maret

25 February 2021 By
Akhirnya! Pengembang Video Game Roblox Bakal IPO 10 Maret
Share
Share
Share
Share

 

Uzone.id - Setelah mengalami penundaan beberapa kali, pengembang video game Roblox Corp memastikan akan melakukan pendaftaran publik pada 10 Maret 2021. Mereka mengambil langkah ini seiring dengan semakin meningkatnya kebutuhan untuk hiburan online.

Dilansir melalui Wall Street Journal, Kamis, 25 Februari 2021, pengembang video game berbasis di California itu berencana untuk melaksanakan IPO tahun lalu. Namun perdagangan saat itu masih fokus pada Airbnb dan Doordash sehingga sulit menentukan harga yang tepat untuk nilai saham mereka.

Januari awal tahun ini, Roblox sempat mendapatkan pendanaan baru sebesar USD520 juta atau setara Rp7,2 triliun. Meski mendapatkan pendanaan, mereka mengubah strategi, yang tadinya rencana IPO menjadi DPO.

Baca juga: Raih Pendanaan, Valuasi Roblox Capai Rp410 Triliun

Pada 22 Desember lalu, Komisi Sekuritas dan Bursa AS memberikan izin bagi perusahaan untuk meningkatkan modal melalui direct listing. Hal ini memungkinkan pemegang saham perusahaan untuk menempatkan sahamnya di bursa tanpa menyewa bank investasi untuk menjamin transaksi tersebut sebagai IPO. Langkah ini dipercaya menghemat biaya penjamin emisi, dan perusahaan yang mengikuti proses pencatatan langsung dapat menghindari pembatasan, seperti periode yang mencegah orang menjual saham untuk jangka waktu tertentu.

Roblox menjual sahamnya dalam putaran pendanaan Seri H dengan harga USD45 per saham kepada Altimeter Capital dan Dragoneer Investment Group. Perusahaan mengungkap akan menggunakan hasil penjualannya untuk mengembangkan diri dan membangun 'platform yang memungkinkan miliaran pengguna berbagi pengalaman'.

Roblox, didirikan pada tahun 2004. Mereka dikenal sebagai platform dengan puluhan juta game online gratis. Basis pengguna perusahaan melonjak sejak pandemi karena banyak orang memilih menghabisan waktu dan mencari hiburan online. Saat ini ada hampir 33 juta pengguna aktif harian tahun lalu, naik dari sekitar 18 juta tahun sebelumnya.

Salah satu fitur yang diminati di Roblox adalah bahwa pengembangan game tersebut dialihdayakan kepada para pemainnya. Para pemain tersebut, terutama remaja dan praremaja, pada gilirannya akan terkenal dan memperoleh sebagian besar pendapatan dari karya mereka.

Roblox akan menggunakan simbol RBLX di NYSE. Selain Roblox beberapa perusahaan teknologi lain juga berniat untuk IPO. Di antaranya Spotify Technology SA dan Slack Technologies.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article