icon-category Digilife

Aktifkan Fitur Ini Biar Chat WhatsApp Nggak Hilang!

  • 04 Sep 2022 WIB
  • Bagikan :

    Uzone.id – Siapa yang gak kesal kalau chat WhatsApp yang menyimpan banyak kenangan tiba-tiba hilang begitu saja? Kalau kalian pernah mengalaminya, sebaiknya cegah deh lewat fitur backup chat di WhatsApp.

    WhatsApp, aplikasi besutan Meta ini menjadi salah satu media komunikasi yang paling banyak digunakan orang di berbagai dunia.

    Berdasarkan data Statista, Indonesia sendiri menjadi negara ketiga pengguna WhatsApp terbanyak di dunia. Jumlahnya bahkan mencapai 84,8 juta pengguna per Juni 2021 lalu.

    Namun, acapkali beberapa pengguna mengeluhkan bahwa history chat-nya tiba-tiba menghilang dan tidak bisa dipulihkan. Baik itu karena pindah device atau bahkan error pada aplikasi.

    Ketika berganti smartphone, berbagai aplikasi seperti WhatsApp tentu harus ikut dipindahkan. Tentu hal ini beresiko membuat berbagai data aplikasi terhapus, termasuk chat di WhatsApp.

    Baca juga: Cara Paling Aman Kirim Pesan Rahasia di Gmail

    Kehilangan chat menjadi salah satu momen yang merugikan. Apalagi jika di dalamnya banyak berisi informasi dan dokumen penting. Nah, Uzoners bisa lakuin agar chat kalian gak hilang tiba-tiba.

    Cara Agar Chat WhatsApp Tidak Hilang

    Melansir dari laman WhatsApp Help Center, WhatsApp memberikan keluasan bagi penggunanya untuk mencadangkan history chat-nya dengan menautkan akun mereka ke Google Drive menggunakan fitur Chat Backup atau Cadangan Lokal.

    Untuk menggunakan fitur ini, kalian harus menautkan akun Google ke smartphone, agar terbaca oleh aplikasi WhatsApp. Nomor telepon yang aktif juga wajib dipunyai 

    Jika suatu saat history chat hilang/terhapus, kalian bisa memulihkannya dengan akun Google Drive tersebut.

    Berikut langkah-langkahnya untuk mengaktifkan fitur Chat Backup agar history chat di WhatsApp aman dan tidak akan hilang:

    - Buka aplikasi WhatsApp, klik ikon titik tiga di pojok kanan atas, kemudian pilih Settings.

    - Tekan opsi Chat dan pilih Chat Backup.

    - Pilih Cadangkan ke Google Drive.

    - Atur frekuensi pencadangan selain Jangan Pernah. Opsi ini bisa diatur sesuai keinginan, mulai dari harian, mingguan, bulanan, atau ketika ingin backup saja.

    - Pilih akun Google yang sudah terhubung.

    - Kalian juga bisa menentukan ingin back up melalui jaringan seluler saja atau ketika ada WiFi

    - Terakhir, ketuk Back Up dan tunggu sampai proses pemulihan selesai

    - Setelah proses pemulihan selesai, maka history chat beserta medianya sudah tersimpan di Google Drive. Jika suatu saat kalian kehilangan history chat, bisa langsung ke opsi Settings dan mengaktifkan fitur Pulihkan atau Restore.

    Baca juga: Cara Main Game Netflix di Android dan iOS

    Perlu diingat, jika kalian memasang WhatsApp tanpa mencantumkan akun Google Drive sebelumnya, maka WhatsApp akan secara otomatis memulihkan data dari cadangan lokal.

    Jika memang ingin menggunakan cadangan lokal, maka kalian harus melakukan transfer data dari kartu SD, komputer, atau bahkan file explorer ke smartphone.

    Nah, itu tadi beberapa langkah cara untuk menggunakan fitur Back Up biar history chat di WhatsApp gak hilang. Selamat mencobanya, Uzoners!

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini