icon-category Digilife

Cara Paling Aman Kirim Pesan Rahasia di Gmail

  • 19 Aug 2022 WIB
  • Bagikan :

    Uzone.id – Selama ini, Google menggunakan metode enkripsi standar untuk menjaga agar email yang dikirim setidaknya aman. Tapi kalau kalian kurang yakin dengan sistem Transport Layer Security atau TLS ini, ada cara lain untuk kirim pesan berisi data rahasia agar jauh lebih aman di Gmail.

    Mungkin banyak yang gak tau, Gmail menyediakan fitur bernama Confidential Mode. Fitur ini membuat pesan yang dikirim punya tenggat waktu kadaluarsa. 

    Selain itu, Confidential Mode membuat penerima gak bisa meneruskan pesan ke orang lain, download isi kontennya, atau bahkan menyalin isi pesan ke aplikasi lainnya. 

    Fitur super aman ini bisa digunakan melalui browser di desktop maupun aplikasi Gmail di smartphone maupun tablet, lho! Tentu kalian penasaran bagaimana cara menggunakannya, berikut panduan lengkapnya.

    Baca juga: Cara Main Game Netflix di Android dan iOS

    Cara kirim pesan rahasia di Gmail Desktop

    1. Klik ikon Tulis Pesan Baru atau Compose di pojok kiri atas layar.
    2. Di area bagian bawah, terdapat ikon berbentuk gembok. Letaknya di samping Insert Photo.
    3. Akan muncul pop-up yang menawarkan kalian untuk mengatur beberapa parameter, seperti waktu kadaluarsa dari pesan hingga kewajiban untuk memasukkan kode tertentu untuk kebutuhan verifikasi.

    4. Jika memilih menggunakan Kode Sandi SMS, maka penerima email akan diminta memasukkan passcode yang akan dikirim melalui SMS ke nomor telepon mereka. 
    5. Jika penerima Anda tidak memiliki Gmail, meskipun kalian memilih Tidak ada kode sandi SMS, penerima akan tetap dikirimi kode sandi melalui email
    6. Pemberitahuan bahwa pesan akan dikirim dalam mode rahasia akan muncul di bagian bawah pesan.

    Baca juga: Cara Praktis Mencari Smartphone Android yang Hilang

    Kirim pesan rahasia di aplikasi Gmail

    Panduannya kurang lebih sama kok. Cara ini bisa kalian coba di smartphone berbasis iOS maupun Android. Jangan lupa untuk update aplikasi Gmail kalian di perangkat ya!

    1. Pilih ikon Tulis Pesan
    2. Ketuk tiga titik vertikal di sudut kanan atas aplikasi, lalu pilih Confidential Mode atau Mode Rahasia.

    3. Sama halnya dengan browser, kalian akan memiliki opsi untuk mengatur berapa lama pesan bisa dilihat oleh penerima dan apakah pesan tersebut dilindungi oleh kode sandi SMS atau tidak.

    4. Setelah menyesuaikan pengaturan, pesan yang dikirim dalam mode rahasia akan menampilkan notifikasi pop-up di bagian bawah teks yang menunjukkan rincian tenggat waktu pesan bisa dibuka.

    Baca juga: Cara Mendapatkan Centang Hijau di WhatsApp

    Itu tadi langkah-langkah mengirim pesan email berisi data rahasia melalui Gmail. Gak usah khawatir lagi pesan yang dikirim gak aman, selamat mencobanya ya!

    Cek berita dan artikel yang lain di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini