icon-category Digilife

Akun WhatsApp Keblokir Karena Spam? Coba Pulihkan Pakai Cara Ini

  • 20 Mar 2024 WIB
Bagikan :

Uzone.id – Sebagai aplikasi perpesanan, WhatsApp cukup rajin untuk melakukan sidak dan tak segan-segan memblokir akses akun dengan aktivitas yang mencurigakan. Beberapa akun WA yang rawan kena blokir adalah akun dengan aktivitas spam, pakai WA GB/ WA mod, dan mengirim konten ilegal.

Jangan salah, mengirimkan pesan spam secara berlebihan juga bisa membuat akun kalian tak bisa diakses. Contohnya, kalian mungkin sering mengirim banyak pesan ke pengguna lain yang tidak menyimpan kontak kalian.

Alhasil, akun WA kalian pun terkena pemblokiran akses dan tidak bisa digunakan untuk sementara. Jika akun kalian mengalami hal serupa, ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk mengembalikan akun WA kalian, berikut diantaranya.

Kenali dulu penyebab pemblokiran

Langkah pertama yang perlu kalian lakukan adalah memahami penyebab diblokirnya akun WhatsApp. Aktivitas spam bisa termasuk mengirim pesan berulang kali kepada kontak yang tidak diinginkan atau menyebarkan konten yang melanggar aturan WhatsApp.

Tunggu waktu peninjauan

Setelah akun diblokir, WhatsApp biasanya memberikan periode waktu tertentu sebelum akun dapat dibuka kembali. Sabar dan tunggu hingga waktu penyegaran berakhir sebelum mencoba langkah selanjutnya.

Hapus konten yang masuk dalam kategori spam

Jika akun kalian terblokir karena aktivitas spam, segera hapus konten yang dianggap spam dari akun kalian dan pastikan untuk tidak mengirimkan pesan yang sama ke banyak kontak dalam waktu singkat.

Kirim email dan minta peninjauan

Jika menurut kalian akun kalian tidak seharusnya diblokir, silakan kirim email ke WhatsApp lewat link ini atau minta peninjauan atau banding di aplikasi, selanjutnya WhatsApp akan memeriksa kasus kalian.

Saat meminta peninjauan di aplikasi, kalian akan diminta memasukkan kode pendaftaran 6 digit yang dikirim melalui SMS, jadi pastikan nomormu aktif ya.

Setelah memasukkan kode tersebut, kalian bisa langsung mengirimkan permintaan untuk peninjauan dan menambahkan detail untuk mendukung kasus kalian.

Hindari aktivitas spam di masa depan

Setelah kalian berhasil membuka kembali akun WhatsApp, pastikan untuk menghindari aktivitas yang berpotensi masuk dalam kategori spam di masa depan. Hal ini termasuk mengirim pesan kepada kontak dalam jumlah banyak.

Jangan lupa juga untuk memperhatikan peringatan yang diberikan WhatsApp ketika kalian melakukan aktivitas yang mungkin melanggar aturan. Karena, sebelum mengambil tindakan blokir terhadap akun pengguna, WhatsApp biasanya memberikan warning lebih dulu.

Nah itu tadi cara-cara untuk mengembalikan akun WA atau WhatsApp kalian yang terblokir karena aktivitas spam. Selamat mencoba!

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini