icon-category Digilife

Cari Pesan WhatsApp Makin Mudah Pakai Tanggal, Simak Caranya

  • 02 Mar 2024 WIB
Bagikan :

Uzone.idWhatsApp membagikan cara baru untuk memudahkan pengguna mencari pesan tertentu sesuai dengan tanggal obrolan. Dengan begini, pengguna mendapat banyak opsi untuk mencari pesan tertentu di chatroom mereka.

Fitur ini disampaikan oleh bos Meta, Mark Zuckerberg pada Kamis, (29/2). Menurutnya, fitur pencarian berdasarkan tanggal ini bisa mengingatkan kalian dan membuat kalian ingat apa saja yang dibicarakan di tanggal tersebut.

alt-img

“Fitur pencarian pesan berdasarkan tanggal sangat berguna jika Anda ingin membaca kembali sebuah pesan yang sempat membuat Anda tersenyum, atau untuk memastikan kapan Anda mengirimkan sebuah informasi kepada seseorang,” ujarnya dalam keterangan resmi yang diterima Uzone.id.

Nah, fitur ini sudah bisa dicoba oleh semua pengguna termasuk pengguna di Indonesia. Fitur ini juga sudah tersedia untuk semua versi WhatsApp baik itu untuk iOS, Android, desktop Mac, dan WhatsApp Web. 

Kalian bisa menggunakan fitur pencarian based on tanggal ini dengan cara berikut ini.

  1. Klik suatu percakapan
  2. Klik nama kontak atau grup pada bagian atas
  3. Klik ‘Cari’ untuk membaca pesan pada tanggal yang Anda inginkan
  4. Selanjutnya, klik ikon Kalender yang ada di bagian bawah kanan kolom teks kalian
  5. Pilih tanggal yang ingin kalian cari, dan klik ‘Lompat ke Tanggal’.

Tidak hanya teks saja, kalian juga akan dimudahkan dengan tampilan pesan foto, video, link, dokumen yang ada di percakapan. WhatsApp sekarang mengaturnya sesuai dengan bulan sehingga kalian bisa lebih mudah melihat file-file tersebut. 

Tampilan ini akan tersedia ketika kalian mengklik sebuah percakapan baik itu personal maupun grup dan buka menu ‘Tautan Media dan Dokumen’.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini