Digilife

Alasan Ilmiah Mengapa Roket Jeff Bezos Mirip Seperti Penis

  • 22 July 2021
  • Bagikan :

    Roket New Shepard (Foto: Dok Ist)

    Uzone.id - Roket yang sukses membawa Jeff Bezos dan beberapa awak lainnya ke luar angkasa menjadi bahan pergunjingan karena bentuknya yang mirip dengan penis. Padahal ada alasan ilmiahnya, loh.

    New Shepard, sistem roket suborbital yang dapat digunakan kembali berhasil membawa sejumlah awak ke luar angkasa selama 11 menit pulang pergi, memang mempunyai bentuk yang tak biasa.

    Lucy Rogers , penulis It's ONLY Rocket Science: An Introduction in Plain English dan seorang penemu dengan gelar Ph.D. dalam teknik mesin, mengatakan bentuk roket harus aerodinamis untuk mengurangi hambatan.

    "Pikirkan jet jumbo tanpa sayap dan duduk di ekornya," kata Rogers kepada Inverse, seperti dikutip Uzone.id, Kamis (22/7).

    Baca juga: Ke Luar Angkasa, Jeff Bezos Malah Tuai Kritik

    “Panah, peluru, dan kembang api juga umumnya berbentuk ini untuk alasan yang sama,” tambahnya.

    Ini berarti bahwa hal-hal seperti kerucut hidung untuk roket harus dirancang untuk mengurangi hambatan. Dalam kasus New Shepard, ini berarti kapsul awak bundar yang dapat langsung meluncur dari udara.

    Paul Freeman , seorang fotografer artefak ruang angkasa, mengatakan kepada Inverse melalui Twitter bahwa desain kerucut membantu efisiensi.

    Baca juga: Persaingan Level Orang Tajir ke Luar Angkasa

    “Roket ini membutuhkan tempat untuk pergi sehingga diameter kapsul lebih besar dari roket pendorong sehingga memberikan tampilan 'Flesh Gordon' yang khas,” kata Freeman.

    Nah, teknisi Blue Origin harus meminimalisir massanya dan membuat ukurannya sekecil mungkin agar lebih mudah dikendalikan. Karena kebutuhan ruang kabin yang besar dan desain booster yang lebih stabil, akhirnya ukuran kapsulnya terpaksa dibuat lebih besar dari booster-nya.

    Kombinasi ini membuat bentuk roket New Shepard terlihat seperti penis.

    VIDEO REVIEW XIAOMI MI 11 LITE: