home ×
Auto

Alice, Pesawat Listrik Israel Bikin Biaya Terbang Lebih Murah

26 January 2021 By
Alice, Pesawat Listrik Israel Bikin Biaya Terbang Lebih Murah
Share
Share
Share
Share

Foto: Aviation

Uzone.id - Elektrifikasi mulai merambah dunia penerbangan, yang ditunjukkan oleh Alice. Nama pesawat bertenaga listrik buatan Israel.

Kehadiran Alice menjanjikan biaya penerbangan yang lebih murah ketimbang pesawat jet konvensional, karena terkait dengan konsumsi listrik versus bahan bakar Avtur.

Mengutip Bussiness Insider, agar bisa beroperasi, pesawat listrik hanya butuh biaya sekitar Rp2,8 juta perjam penerbangan. Sedangkan pesawat turbo jet butuh biaya mencapai sekitar Rp16,9 juta sampai Rp28 jutaan perjam dalam penerbangan.

Baca juga: Alasan Apple Car Belum Akan Terealisasi di 2028

Jadi harapannya, pesawat listrik seperti Alice diklaim bisa menurunkan harga tiket pesawat antara 40% hingga 80%.

Adalah perusahaan start-up Israel, Eviation, yang mengembangkan pesawat listrik komersil pertamanya, Alice. Rencananya akan terbang perdana tahun ini (2021) dan dijual ke pasar mulai 2022.

Alice sanggup membawa sembilan penumpang dan dua awak dan menempuh jarak 1.000 km, dengan top speed445 km perjam dalam satu kali pengisian baterai.

Alice menggunakan material ringan komposit sampai 95 persen untuk bodinya yang harus mengangkut baterai lithium-ion besar seberat 3,6 ton dan tiga motor listrik. Pesawat ini dibekali tiga baling-baling penyeimbang.

VIDEO Test Drive Honda Civic HB RS:

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article