10 Istilah 'Dunia' AI yang Wajib Kamu Tahu

pada 7 hari lalu - by
Advertising
Advertising

Uzone.id- Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan saat ini ada di mana-mana. Semua produk teknologi selalu memakai embel-embel AI, bahkan untuk mencari rekomendasi atau informasi umum saja kita menggunakan layanan chatbot AI.

Sebagai masyarakat digital yang telah terpapar teknologi AI, ada baiknya untuk terus mengikuti arus dan memahami terminologi terkini yang berkaitan dengan kecerdasan buatan. Minimal agar kita paham artinya apa atau fungsinya apa.

Berikut ini adalah beberapa istilah terkait AI yang wajib kita ketahui:

1. Algorithm (Algoritma)
Istilah ini merujuk pada pemrograman khusus atau serangkaian instruksi yang memungkinkan komputer dalam mempelajari dan menganalisis data dengan cara tertentu.

2. Artificial Intelligence/AI (Kecerdasan Buatan)
Sesuai namanya, AI merupakan kecerdasan di balik komputer yang dapat berpikir dan belajar seperti layaknya seorang manusia. Program komputer ini dapat melakukan hal-hal seperti mengenali wajah, menjawab pertanyaan, menerjemahkan bahasa, bermain catur, hingga mengendarai sebuah mobil.

 

 

3. Artificial Neural Network/ANN (Jaringan Syaraf Tiruan)
Jaringan Syaraf Tiruan menyerupai jaringan yang terdiri dari simpul-simpul. Dimana, masing-masing bertindak sebagai sel otak kecil yang bekerja sama untuk memecahkan masalah yang rumit.

4. Big Data (Data Besar)
Big data merujuk kepada kumpulan data yang sangat besar atau kompleks yang terlalu substansial untuk diproses atau dianalisis sehingga tidak bisa ditangani oleh perangkat lunak.

5. Deepfake
Deepfake merupakan sebuah tiruan video atau audio palsu dari seseorang yang dibuat tanpa sepengetahuan atau persetujuan orang tersebut. Saat ini, kasus deepfake telah banyak ditemui di kalangan selebriti dan merek.

6. Completely Automated Public Turing Test to Tell Computers and Humans Apart/CAPTCHA
CAPTCHA adalah pengujian yang berfungsi untuk mengetahui atau memeriksa apakah pengguna adalah manusia atau terdeteksi sebagai robot. Sehingga, robot tidak bisa mengirimkan spam.

 

 

7. Convolutional Neural Network/CNN (Jaringan Saraf Konvolusional)
Jaringan ini merupakan pengubah permainan dalam dunia pengenalan gambar. Kecerdasan komputer ini dapat mengotomatiskan ekstraksi fitur seperti memiliki penglihatan super karena dapat melihat lapisan-lapisan spesifik yang berada di objek.

8. Large Language Model/LLM (Model Bahasa Besar)
LLM adalah jaringan saraf dengan sejumlah besar parameter, dengan sejumlah besar teks yang digunakan sebagai data. Berfungsi untuk tujuan umum karena berbasis big data di dalamnya, sehingga mampu menghasilkan respon yang canggih. Dengan menggunakan machine learning untuk membantu memproses sebuah bahasa.

9. Parameter
Parameter adalah variabel yang terdapat dalam sistem AI yang digunakan untuk membuat prediksi. Selain itu, parameter juga dapat dikatakan sebagai nilai numerik yang memberikan struktur dan perilaku LLM.

10. Prompts
Prompts adalah instruksi yang dimasukkan ke dalam sistem menggunakan bahasa, gambar, atau kode untuk memberi tugas kepada AI. Dimana, Prompts mengacu pada susunan daftar ide untuk sebuah tema ke sistem AI.

Adapun beberapa chatbot AI yang saat ini banyak digunakan masyarakat digital, antara lain:

  1. AlphaGo
  2. BardBing AI
  3. ChatGPT
  4. Chatbot
  5. DALL-E
  6. Deep Blue
  7. ElevenLabs
  8. Gemini
  9. Perplexity