10 Smartphone Murah dengan Kamera Terbaik, Abadikan Momen Lebaran 2023

pada 1 tahun lalu - by

Uzone.id -Lebaran Idulfitri 2023 tinggal menghitung hari. Momen ini dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia untuk kumpul bersama dengan keluarga di kampung halaman, silaturahmi dari rumah ke rumah, hingga menyantap sajian khas lebaran yang sedap.

Tak afdol rasanya kalau di hari kemenangan yang penuh suka cita ini tak diabadikan dengan baik lewat kamera. Gak perlu kamera DSLR atau mirrorless, cukup kamerasmartphonebuat menangkap momen kebersamaan di Hari Raya Lebaran.

Berikut ini timUzone.idbagikan rekomendasi smartphone dengan kamera terbaik yang bisa kalian beli buat memotret momen lebaran 2023. Daftar dari kami gak mahal kok, smartphone di bawah ini harganya dari Rp3 jutaan sampai Rp5 jutaan saja. 

Vivo V27 5G

Vivo memang sukanya ngeluncurinsmartphonedengan kamera belakang dan depan yang ciamik kualitasnya. Kayak seri terbaru Vivo V72 5G saja, kamera depan dan belakangnya saja 50 MP.

Vivo V27 5G mengusung 3 kamera belakang dan 1 kamera depan. Kamera utamanya menggunakan sensor 50 MP Sony IMX766V yang dikembangkan oleh Vivo dan Sony secara khusus guna menghasilkan foto yang jernih di segala kondisi.

Kamera utamanya didukung OIS atauoptical image stabilizationyang bikin foto minimnoisedan hasil video yang lebih stabil. Kamera itu dipasangkan dengan kameraultrawide8 MP dan makro 2 MP.

Yang menarik kamera depannya, dimana Vivo menyematkan sensor 50 MP biar kalian bisa swafoto dengan kualitas foto yang bagus bareng keluarga dan orang-orang terdekat saat momen lebaran. Apalagi, kamera ini didukung juga denganautofocus.

Soal harga, Vivo V27 5G dipasarkan dengan harga Rp5.999.000 di Indonesia, dan bisa didapatkan secara online maupun offline.

Infinix Zero 20

Kamera selfiesmartphoneini gak kalahkece, 60 MP! Malah lebih oke lagi, lantaran kamera depannya didukung OIS danautofocus.

Kedua fitur itu gak cuma bikin foto minimnoisedan lebih cakep lagi, tapi kalian pun dapat merekam konten vlog saat menyantap hidangan khas lebaran bersama keluarga.

Selain kamera depan 60 MP, kamera belakang dari Infinix Zero 20 juga sudah mumpuni. Berbekal kamera utama 108 MP dengan sensor ISOCELL HM2, kamera tersebut dapat memotret di berbagaiangledengan detail yang ajib. Ditambah, ada kameraultrawide13 MP dan kameradepth2 MP.

Infinix Zero 20 bisa kalian dapatkan dengan harga Rp3,4 jutaan.

Redmi Note 12 Pro 5G

Redmi Note 12 Pro 5G jadismartphonepertama di jajaran Redmi Note Series yang punya kamera 50 MP dengan sensor Sony IMX766. Sensor kamera ini biasanya disematkan pada ponselflagshipkarena menjamin kualitas foto dan video yang tinggi, warna yang natural, dan detail yang tak mengecewakan.

Belum cukup, kamera utama Redmi Note 12 Pro 5G juga sudah didukung OIS, sehingga mengambil video di momen lebaran bakalan bermutu tinggi. 

Kamera utamanya dipadukan dengan lensaultrawidedengan sensor 8 MP dan kamera makro 2 MP. Sementara di depan, kalian bisa memanfaatkan kamera selfie 16 MP yang hasilnya lumayan oke.

Di Indonesia, Redmi Note 12 Pro 5G bisa kalian beli dengan harga Rp4.599.000 saja.

Oppo Reno8 T 5G

Kualitas kamera dari jajaran ponsel Oppo memang gak usah diragukan lagi. Baik kamera depan dan belakangnya, sama-sama memberikan kualitas foto yang bagus berkat perpaduansoftwaredanhardwarekamera yang telah disesuaikan.

Seperti Oppo Reno8 T 5G,smartphoneini dibekali dengan kamera 108 MP bersensor ISOCELL HM6 dari Samsung. Memang tak dibekali OIS, tapi kamera ini dapat menghasilkan gambar dengan detail tinggi berkat skema pemotretannona-binningyang merapatkan 9 piksel menjadi 1 piksel.

Ditambah dengan sepasang kamera 2 MP dengan jenis lensa microlens dan depth. Khusus untuk microlens, pengguna bisa menangkap objek dari jarak super dekat dengan perbesaran sampai 40 kali.

Sementara di depan, tersemat kamera selfie 32 MP yang menghadirkan berbagai fitur unggulan seperti Selfie HDR, Bokeh Flare Portrait, Dual-View Video, dan lain sebagainya.

Nah, fitur-fitur ini bisa dimanfaatkan buat mengabadikan momen selama lebaran Idulfitri 2023. Dijual Rp5.999.000, Oppo Reno8 T 5G bisa dibeli secara online maupun offline.

Samsung Galaxy A54 5G

Sama seperti kompetitornya, Samsung Galaxy A54 5G mengusung kamera utama dengan sensor 50 MP Sony IMX766. Bedanya,smartphoneini didukung oleh teknologi wider-OIS, inovasi yang bikin hasil video bebas efek guncangan dan blur.

Dengan OIS yang lebih baik, pemotretan malam juga membuat gambarnya jadi minim noise. Mau memotret siang ataupun malam, hasilnya tetap bikin takjub.

Kamera utamanya dipadukan dengan kamera ultrawide 12 MP dan kamera makro 5 MP. Sementara kamera depannya, menggunakan sensor 32 MP.

Di Indonesia, Samsung Galaxy A54 5G dibanderol mulai dengan harga Rp5.999.000 untuk tipa 8/128 GB. Harganya bahkan masih sama dibanding seri sebelumnya, padahal speknyaupgrade.

Samsung Galaxy A34 5G

Saudara Galaxy A54 5G juga kami masukkan di daftarsmartphonemurah dengan kamera terbaik buat lebaran 2023. Walau harganya lebih terjangkau, Samsung Galaxy A34 5G tetap dijejalkan kamera utama 48 MP yang didukung oleh OIS.

Memang secara resolusi lebih rendah, tapi kehadiran OIS bikin kalian lebih leluasa mengambil gambar di kondisi apapun. Dengan adanya OIS, kamera jadi lebih stabil, sehingga baik foto dan video yang diabadikan punya kualitas yang lebih baik.

Kamera tersebut dipadukan dengan kamera ultrawide 8 MP dan kamera makro 5 MP. Sementara di depan, ada kamera selfie 13 MP. Seluruh kamera ini didukung oleh fitur berbasis AI bernama Scene Optimizer yang secara otomatis menyesuaikan saturasi warna tergantung skenario foto yang diambil.

Xiaomi 12 Lite

Saat diluncurkan pertama kali, Xiaomi 12 Lite memang langsung menjagokan sektor kamera sebagai fitur unggulannya.Smartphoneini membawa kamera utama dengan sensor 108 MP ISOCELL HM2 dari Samsung.

Dikombinasi dengansoftwarekamera yang bagus, Xiaomi bahkan mengklaim kalau Xiaomi 12 Lite memberikan ‘studio-level’ kepada penggunanya. Mau foto ataupun video yang dihasilkannya punya ketajaman detail yang bagus dan warna yang sedikit dramatis.

Cuma sayangnya, tak ada OIS saja pada Xiaomi 12 Lite. Tapi dengan harga Rp4.999.000, kamera 108 MP dengan kualitas tinggi sudah lebih dari cukup.

Apalagi, terdapat kamera 8 MPultrawidedan makro 2 MP dismartphoneini sebagai pelengkap buat ngonten selama lebaran Idulfitri 2023. Untuk swafoto bareng keluarga di momen lebaran, kalian juga bisa memanfaatkan kamera 32 MP yang kasih gambar dengan detail yang juara.

Poco F4

Poco F4 adalahsmartphonePoco yang fokus di segmen fotografi dan videografi. Makanya wajar, kalausmartphoneini jadi yang pertama dari Poco dengan kamera yang didukung OIS.

Kamera utama dari Poco F4 menggunakan sensor 64 MP yang menghasilkan gambar minim blur, cerah, dan minim noise, di kondisi pencahayaan apapun. Apalagi, sensor 64 MP yang digunakan punya bukaan lensa yang besar dan sensitif terhadap cahaya.

Kamera 64 MP dipasangkan dengan kamera ultra wide 8 MP yang memiliki sudut sampai 119 derajat serta kamera makro 2 MP untuk memotret jarak dekat.

Sementara di depan, kamera depannya 20 MP berhasil memberikan warna yang natural dengan detail yang cukup tajam. Di Indonesia, Poco F4 dijual dengan harga mulai Rp5.199.000 saja.

Realme GT Neo 3

Realme GT Neo 3 gak cuma unggul dalam hal dapur pacu danfast charging150W saja, tapi juga punya kamera bermutu tinggi sebagai salah satu kelebihan utamanya. 

Dijual Rp5.999.000, Realme GT Neo 3 150W dilengkapi dengan 3 kamera belakang dan satu kamera depan. Konfigurasinya, kamera utama 50MP dengan sensor premium Sony IMX766 sebesar 1/1.56” dengan bukaan lensa f/1.9 yang sensitif terhadap cahaya.

Kamera ini sudah mendukung penstabilan berbasis hardware dan software, yakni OIS dan EIS atauelectronic image stabilization. Mendampingi kamera utama, ada kamera ultrawide 8MP, kamera makro 2MP, dan kamera selfie 16MP.

Realme 9 Pro+

Pilihan terakhirsmartphonedengan kamera terbaik yang dijual di harga yang murah untuk lebaran adalah Realme 9 Pro+. Kini,smartphonetersebut dijual di harga Rp4.999.000, dan sudah dilengkapi dengan kamera utama 50 MP Sony IMX766 yang didukung OIS.

Seperti kamera dengan OIS lainnya, foto atau video yang ditangkap punya detail yang lebih baik, warna yang tajam, dannoiseyang bisa ditekan. 

Ngevlog adalah kegiatan yang agaktricky, apalagi kalau ponselnya takpropersama sekali. Dengan adanya OIS yang punya stabilisasi lebih baik, kalian bisa bikin bikin video sinematik atau vlog selama lebaran yang ciamik.

Kamera ini disandingkan denganultrawide8 MP, makro 2 MP, dan kamera selfie 16 MP. Soal ‘rasa’, kurang lebih sama dengan Realme GT Neo 3.

Itu dia pilihan ponsel kamera terbaik dan dibanderol dengan harga yang murah buat kalian yang ingin gantismartphonedi momen lebaran 2023.