5 Fakta Menarik Orang Indonesia Terhadap Iklan Online

pada 4 tahun lalu - by
Advertising
Advertising

Ilustrasi. (Foto: Unsplash)

Uzone.id- Masyarakat Indonesia sudah cukup akrab dalam mengakses berita atau konten secaraonline. Dalam berita atau konten tersebut, biasanya terdapat iklan. Namun, bagaimana sih respons masyarakat Indonesia terhadap iklanonlinetersebut?

Menariknya, Indonesian Digital Association baru-baru ini mengadakan sebuah riset sederhana selama Januari-Februari 2021 dengan 245 responden yang terbagi menjadi 56 persen perempuan, dan 44 persen laki-laki.

"Dari sisi demografi, sebanyak 29 persen jangkauan usianya 35-44 tahun, berimbang antara laki-laki dan perempuan. Sedangkan sebayak 31 persen jangkauan usia 25 hingga 34 tahun yang didominasi perempuan," ujar Cahyanto A. Wibowo, IDA - Research Department Kapa Lagi Youniverse dalam IDA Webinar: Your Customers Hate Your Performing Ads, Selasa (9/3).

Perangkat utama responden untuk membaca beritaonlineadalahmobile browser(58 persen), danmobileapp(27 persen),dekstop browser(15 persen). Selain itu, dua dari tiga pembaca yang dominan menggunakanhandphonemenggunakanbrowserdaripadaappdalam mendapatkan berita.

Dari temuan tersebut, ada beberapa fakta menarik yang layak disimak. Berikut penjabarannya:

Iklan online dipersepsikan negatif

Iklan online secara umum dipersepsikan negatif oleh 64 persen responden. Mereka merasa terganggu dengan adanya iklanonlineyang ditemukan pada situsonline, bahkan 11 persen dari responden merasa iklan online sangat menjengkelkan bagi mereka.

Sedikit anak muda yang tidak menyukai iklan online

Berdasarkan detail turunan usia memperlihatkan kelompok usia 35-44 tahun merupakan usia paling kritis terhadap iklanonline, karena cukup berimbang antara yang bisa mentoleransi iklan dengan yang tidak menyukai iklanonline.

Baca juga:Microsoft Dukung Digitalisasi Pertanian Indonesia Lewat Teknologi Ini

Sisi positifnya adalah generasi muda dengan usia 18-34 tahun, keduanya kurang dari 10 persen yang benar-benar tidak menyukai iklan, terendah dibanding kelompok usia lain.

Pengguna lebih bisa berkompromi dengan iklan online

Persepsi negatif pada website beritaonlineyang paling sering diakses (45 persen). Angka ini lebih rendah daripada persepsi negatif pada iklan secara umum (64 persen).

Dengan kata lain, pengguna lebih kompromi dengan iklan, berkompromi dan terbiasa dengan UI UX iklan, ketika mereka membutuhkan konten yang ada di suatu situs.

Iklan yang tidak bisa ditutup manual adalah yang paling tidak disukai

Jenis iklan yang tidak bisa ditutup manual, terutama dalam bentuk video oleh pembaca merupakan tipe iklan yang paling tidak disukai oleh responden, di mana total keduanya mencapai 70 persen responden. Jenis iklan ini misalnya video yang tidak dapat ditutup selama lima detik.

Pada kelompok usia 25-34 tahun, penilaian antara iklan video dengan gambar yang tidak bisa ditutup tidak berbeda signifikan, keduanya sama saja, asalkan bisa ditutup.

Alasan menutup iklan online

Sebanyak 58 persen responden menyatakan posisi iklan yang menutupi konten menjadi alasan utama untuk menutup iklanonline, kemudian disusul iklan video dikarenakan durasi iklannya yang dianggap lama, sehingga segera menutupnya ketika memungkinkan.

VIDEO: Infinix Hot 10 Play Review, Bodi Bongsor Batre Jumbo