Adu Spesifikasi Yamaha Nmax Turbo vs Honda PCX 160, Mana Lebih Unggul?

pada 5 bulan lalu - by
Advertising
Advertising

Uzone.id- Persaingan skutik bongsor 150 cc semakin memanas dengan hadirnya generasi terbaru Yamaha Nmax Turbo. Motor yang satu ini tentunya kerap dibanding-bandingkan dengan Honda PCX 160, lantas mana yang lebih baik di antara keduanya?

Secara desain,YamahaNmax Turbo kini tampil lebih agresif dibandingkan generasi sebelumnya. Keagresifannya bisa dilihat dari desain lampu depan dan belakang yang lebih tajam.

Ditambah, YamahaNmax Turbojuga mendapatkan body baru yang memiliki garis lebih tegas dan tajam. Berbeda dari generasi sebelumnya yang tampil lebih bulat dan lebar, sehingga memberikan kesan elegan.

SedangkanHondaPCX 160 memiliki tampilan yang secara garis besar, masih terinspirasi dari generasi 150 cc-nya. Perbedaan paling terlihat hanya di lampu depan yang kini lebih tegas dan menyambung ke lampu sein di kanan dan kiri.

Sementara lampu belakangnya, memiliki siluet huruf X yang menyambung antara garis atas dan bawah. Juga di bagian setang, Honda masih mempertahankan penggunaan setang telanjang diPCX 160.

Beralih ke spesifikasi, hal ini menjadi yang paling menarik antara Yamaha Nmax Turbo dan Honda PCX 160.

 

 

Nmax Turbo mendapatkan dapur pacu baru yang menjadi generasi ketiga dari mesin 155 cc VVA Yamaha. Mesin ini memiliki konfigurasi 155 cc, Blue Core, 4-katup, SOHC, berpendingin cairan yang dilengkapi Yamaha Electric CVT (YECVT), sehingga mampu mengeluarkan tenaga sebesar 15,1 dk dan torsi 14,2 Nm.

Di sisi lain, Honda PCX 160 juga mendapatkan mesin baru 156,9 cc, 1-silinder, 4-katup, eSP+, berpendingin cairan. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 15,8 dk dan torsi 14,7 Nm yang disalurkan ke roda belakang menggunakan transmisi CVT konvensional.

Dari segi kaki-kaki, Yamaha Nmax Turbo masih mirip dengan generasi sebelumnya karena mengusung pelek 13 inci dengan ukuran ban 110/70 di depan dan 130/70 di belakang. Kedua roda tersebut didukung dengan suspensi teleskopik di depan dan dual shock absorber dengan subtank di belakang.

 

 

Spesifikasi kaki-kaki tersebut cukup mirip dengan Honda PCX 160, hanya saja di PCX menggunakan ukuran ban 14 inci. Sehingga 1 inci lebih besar ban PCX 160 dibandingkan Yamaha Nmax Turbo.

Hal yang mirip juga ditemukan di pengereman Yamaha Nmax Turbo dan Honda PCX 160. Keduanya menggunakan disc brake dengan 2 piston lengkap dengan ABS di bagian depan, sedangkan di belakang mengandalkan disc brake 1 piston yang juga dilengkapi dengan ABS.

Berikut perbandingan spesifikasi Yamaha Nmax Turbo dan Honda PCX 160:

SpesifikasiYamaha Nmax TurboHonda PCX 160
Mesin
Kapasitas Silinder155,09 cc160,9 cc
Tipe MesinSOHC, 4 katup, VVA, berpendingin cairanSOHC, 4 katup, eSP+, berpendingin cairan
Sistem PembakaranFuel InjectionFuel Injection
Bore x Stroke58 mm x 58,7 mm60 mm x 55,5 mm
Rasio Kompresi11,6:112:1
Tenaga Maksimum11,3 kW (15,1 Tk) / 8.000 rpm11,8 kW (15,8 Tk) / 8.500 rpm
Torsi Maksimum14,2 Nm / 6.500 rpm14,7 Nm / 6.500 rpm
StarterElektrikElektrik
TransmisiYECVTCVT Konvensional
Dimensi & Kapasitas
Panjang x Lebar x Tinggi1.955 mm x 740 mm x 1.095 mm1.921 mm x 745 mm x 1.081 mm
Jarak Sumbu Roda1.390 mm1.383 mm
Tinggi Duduk765 mm764 mm
Kapasitas Tangki Bensin7,4 Liter8 Liter
Kapasitas Bagasi23,5 Liter30 Liter
Rangka & Kaki-kaki
Tipe RangkaUnderboneUnderbone
Material RangkaBajaBaja
Suspensi DepanTeleskopik, 26 mmTeleskopik, 31 mm
Suspensi BelakangSubtankSubtank
Ukuran Ban Depan110/70-13"110/70-14"
Ukuran Ban Belakang130/70-13"130/70-14"
Rem DepanCakram hidrolik, 2 pot, ABSCakram hidrolik, 2 pot, ABS
Rem BelakangCakram hidrolik, 1 pot, ABSCakram hidrolik, 1 pot, ABS