Android 13 (Go Edition), Ketika Google Bikin 'Ponsel Lemot' Makin Oke

pada 2 tahun lalu - by

Uzone.id -Google melanjutkan eksistensi sistem operasi Go Edition untuk Android. Merunut dari peluncuran Android 13 pada Agustus lalu, Google resmi menghadirkan Android 13 (Go Edition) untuksmartphone‘spesifikasi kentang’.

Android versi Go Edition terhitung sudah berusia 5 tahun, tepat sejak Google merilis Android 8.1 Oreo (Go Edition) pada 5 Desember 2017 silam. 

Masih sama seperti sebelumnya, Android 13 (Go Edition) dipergunakan untuk ponsel dengan spesifikasi rendah, RAM dan penyimpanan terbatas dan dijual dengan harga ekstra murah.

Google menyebut, Android 13 (Go Edition) berfokus pada keandalan, kegunaan dan penyesuaian. Pembaruan pada Google Play System juga tersedia untuk perangkat Android Go, sehinggasmartphonedapat menerimaupdatepenting di luar rilis pembaruan Android yang utama (major update).

Baca juga:3 Fitur Andalan Android 12L, OS Khusus Ponsel Layar Luas

Seperti OS Android pada umumnya,smartphonedengan Android 13 (Go Edition) sudah didukung fitur Google Discover. Fitur ini memungkinkan pengguna melihat informasi penting yang telah dikurasi hanya denganswipelayar ke kiri saja.

Mirip Androidstock, tipe Go Edition diluncurkan dengan bahasa desain bernama ‘Material You’. Bisa dibilang, fitur ini bikinsmartphonemurah Android semakin kelihatan keren dan personal.

Buat kalian yang belum tau, Material You merupakan konsep dimana pengguna dapat menentukan tema ponsel berdasarkanwallpaperyang telah dipasang. Biasanya, sistem akan memberikan empat skema warna berdasarkanwallpaperyang dipindainya.

Baca juga:Aplikasi Dynamic Island 'KW' Populer di Android

Selain membawa beberapa fitur yang disesuaikan untuk pengguna Android Go, Google turut menghadirkan beberapa fitur utama Android 13, seperti Notification Permissions, App language Preferences, dan lainnya.

“Tujuan kami dengan rilis ini adalah untuk mendukung lebih banyak kemungkinan bagi jutaan pemilik Android Go saat ini dan masa mendatang,” jelas Google.

Google juga memastikan,smartphonepertama dengan Android 13 (Go Edition) akan debut perdana di tahun depan.