icon-category Digilife

Aplikasi Dynamic Island 'KW' Populer di Android

Uzone.id - Gak butuh waktu lama buat developer aplikasi Android untuk membuat tiruan Dynamic Island iPhone 14 Pro. Selang beberapa hari setelah kemunculan iPhone terbaru, langsung banyak aplikasi yang memungkinkan pengguna smartphone Android untuk memasang Dynamic Island ‘KW’ ala iPhone 14 Pro.

Salah satu aplikasi tiruan Dynamic Island yang populer di Play Store adalah DynamicSpot. Dari pantauan tim Uzone.id, aplikasi ini telah mencapai lebih dari 1 juta kali download di Google Play Store.

Aplikasi buatan developer Jawomo ini kompatibel dengan smartphone yang punya punch hole di tengah atas layar. Bisa juga untuk ponsel dengan lubang kamera di sudut layar, namun akan terlihat kurang pas saja.

Baca juga: Akankah Ponsel Android Tiru Dynamic Island iPhone 14 Pro?

Menariknya, aplikasi ini tak sebatas untuk menampilkan notifikasi saja. Dynamic Island KW untuk smartphone Android ini juga dilengkapi dengan kontrol musik yang khas, mirip seperti iPhone 14 Pro.

Di dalam aplikasinya juga, DynamicSpot membuat pengguna dapat menyesuaikan ukuran Dynamic Island di ponsel mereka. Aplikasi apa saja yang akan ditampilkan di atas layar serta interaksinya, bisa juga diset melalui aplikasi ini.

Untuk beberapa aplikasi yang kompatibel, DynamicSpot bisa terintegrasi dengan mulus ke dalam sistem notifikasi Android.

Banyaknya yang mengunduh aplikasi tiruan Dynamic Island ini bisa jadi bukti kalau pengguna smartphone Android sebenarnya tertarik dengan konsep punch hole yang diusung Apple. Selama ini, lubang kamera di ponsel Android terlihat nyaris seragam walau berbeda-beda merek.

Vendor pun tak memaksimalkan potensi lubang kamera tersebut untuk hal-hal yang 'berfaedah'. Mungkin satu-satunya brand yang memanfaatkan lubang kamera pada ponselnya adalah Samsung, terlihat dengan notifikasi muncul tepat pada lubang kamera di ponsel.

Cara memasang Dynamic Island di Android

Aplikasi DynamicSpot tersedia secara gratis di Google Play Store. Developer juga menegaskan kalau aplikasi ini tak membutuhkan koneksi internet sama sekali dan tidak mengumpulkan data pengguna.

Baca juga: Cara Pasang Dynamic Island iPhone 14 Pro di Android

Untuk menampilkannya, pilih aplikasi apa saja yang akan ditampilkan secara popup pada DynamicIsland. Lalu, izinkan juga aplikasi untuk mengakses notifikasi Android, termasuk mengizinkannya untuk tampil di atas aplikasi lainnya.

Hanya saja, ada beberapa fitur yang berbayar di sini. Pengguna diharuskan membayar Rp19 ribu untuk membuka fitur seperti single-tap, long press dan sebagainya.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini