Apa Jadinya Jika Komposer John Williams Pensiun Bikin Lagu ‘Star Wars’?

pada 6 tahun lalu - by

Uzone.id-- Kalau kamu penggemar ‘Star Wars’ garis keras, pastigakasing dengar nama John Williams. Lagu soundtrack atau score ‘Star Wars’ yang begitu ikonik dari zamanbaheulaitu adalah hasil bikinan Williams.

Waralaba ‘Star Wars’ terasa kurang lengkap tanpa laguscoreyang identik itu, khususnya original Star Warsthemedanscore‘The Empire Strikes Back’ yang sudah ada sejak era 1970-1980an.

Selain dualaguscoreitu, Williams jugamenggarapenamlaguscorelainnyauntukwaralaba‘Star Wars’,yaitu‘Return of the Jedi’, ‘The Phantom Menace’, ‘Attack of the Clones’, ‘Revenge of the Sith’, ‘The Force Awakens’, dan ‘The Last Jedi’.

Begitu lekat dengan dunia ‘Star Wars’, beberapa waktu lalu Williams bikin pengumuman yang cukup mengejutkan. Ia bakal berhenti membuat score ‘Star Wars’.

Meski Williams bukan lah aktor yang tampil di depan layar dan mengeluarkan segala bentuk emosi demi kesuksesan jalan cerita film, tentu saja pengaruh dari musik yang melatarbelakangi film juga besar.

Musik yang telah dibikin oleh Williams tentu masih bisa kembali dihadirkan oleh komposer lain, tapi tetapaja, ‘Star Wars’ kemungkinan besar bakal terasa berbeda tanpa Williams.

Baca juga:Usia Mendekati 90 Tahun, Komposer Lagu 'Star Wars' ini Masih Eksis di Hollywood

Perasaan sentimental seperti ini sebetulnya banyak didasari dari nostalgia dan kekaguman tinggi terhadap Williams. Pria usia 86 tahun itu bisa menjadi komposer paling terkenal sepanjang masa karena karya-karyanya, terutamascore‘Star Wars’. Score ini kerap diakui sebagai salah satuscorefilm terhebat sepanjang masa. Jadi wajar jika muncul perasaan tidak rela jika ‘Star Wars’ tanpa sentuhan musik Williams.

“Kita semua tahu sutradara JJ Abrams sedang mempersiapkan film Star Wars ke-sembilan dan saya akan membuat laguscore-nya. Saya menanti momen itu, sekaligus menandakan bahwa ini film ke-sembilan bagi saya juga. Habis itu, saya rasa sudah cukup,” ungkap Williams saat diwawancara stasiun radio California, KUSC.

Meski banyak fans yang menyayangkan keputusannya, ada dampak lain yang dapat terjadi. Dampak positif, tentunya. Setelah film ‘Star Wars’ ke-sembilan dirilis pada 2019, kepergian Williams dapat membuka pintu kesempatan bagi para komposer berbakat lain untuk mennggantikan tempatnya.

MengutipThe Guardian,adasejumlahnamakomposeryangtakkalahhebatnyadariWilliams (danlebihmuda,tentusaja) yangkemungkinanmampumenggantikannya.

1. Alexandre Desplat

Score film yangpernahdigarap: The Curious Case of Benjamin Button, Fantastic Mr. Fox, King’s Speech, Argo, The Grand Budapest Hotel, The Imitation Game, The Shape of Water.

2. Mark Mothersbaugh

Score film yangpernahdigarap: Cloudy with a Chance of Meatballs, 21 Jump Street, The Lego Movie, Thor: Ragnarok.

3. Jon Brion

Score film yangpernahdigarap: Hard Eight, Magnolia, Punch-Drunk Love, Eternal Sunshine of the Spotless Mind, New York, Step Brothers, Lady Bird.

4. Jonny Greenwood

Score film yangpernahdigarap: There Will Be Blood, Norwegian Wood, Harry Potter and the Goblet of Fire, The Master, Inherent Vice, Phantom Thread.

Adasatulagi,tapiinipilihandariguehehe he.

5. Alan Silvestri

Score film yangpernahdigarap: Back to the Future, Predator, Forrest Gump, Cast Away, Lilo & Stitch, The Avengers, Captain America: The First Avenger, Avengers: Infinity War, Ready Player One.

 

Kalau kamu, fans ‘Star Wars’ juga, bukan? Punya ramalan lain kira-kira siapa yang pantas menggantikan John Williams?