Asus Zenfone 10 Meluncur Akhir Bulan Ini, Upgrade Spek Cuma Sedikit

20 September 2023 - by

Uzone.id - Tanggal peluncuran Asus Zenfone 10 di Indonesia akhirnya dipastikan juga. Suksesor Zenfone 9 tersebut akan melenggang resmi pada akhir bulan ini, tepatnya pada 29 September 2023 mendatang.

Asus Branch Sales & Marketing Manager Indonesia, Galih Wardhana menyatakan, pihaknya bakal menggelar peluncuran Zenfone 10 secara online di kanal-kanal media sosial Asus Indonesia pukul 19.00 WIB.

Advertising
Advertising

Asus Zenfone 10 pertama kali melakukan debutnya secara global pada akhir Juni 2023 yang lalu. Peluncurannya di Indonesia bisa dibilang lebih cepat dari perkiraan, mengingat Zenfone 9 saja meluncur ke pasaran pada November tahun lalu. 

Smartphone ini meluncur dengan peningkatan yang bisa dibilang minor, hanya beberapa ubahan spesifikasi saja yang dibawa Asus untuk Zenfone 10. Seperti opsi warna yang lebih baru, yakni Starry Blue, Aurora Green, dan Eclipse Red, yang akan menemani warna Comet White dan Midnight Black yang sebelumnya sudah ada di Zenfone 9. 

 

Baca Juga :

Review Asus Zenbook S 13 OLED: Enteng dan Tipis, Kinerjanya Oke
 

 

“Secara desain, kami mempertahankan desain Zenfone sebelumnya. Ada warna-warna baru, seperti Aurora Green, Starry Blue, dan Eclipse Red,” jelas Galih.

Asus Zenfone 10 masih mengusung layar AMOLED seluas 5,9 inci dengan resolusi Full HD+. Tapi, layar Zenfone 10 sudah mendukung refresh rate 144Hz, HDR10+, intensitas cahaya 1.100 nits, dan dilindungi Gorilla Glass Victus.

Di sektor dapur pacu, dibenamkan Snapdragon 8 Gen 2 yang jauh lebih baik performanya dibanding Snapdragon 8+ Gen 1. Peningkatannya signifikan, terutama pada segi performance dan efisiensi dayanya.

Adapun, RAM dan memori penyimpanan yang diberikan hanya dua varian saja, yakni 8/128 GB atau 16/512 GB. RAM-nya berjenis LPDDR5X dengan memori penyimpanan UFS 4.0 dengan write dan read speed yang lebih cepat.

Tak ada ubahan yang berarti pada bagian baterainya, lantaran kapasitasnya masih 4.300 mAh dengan fast charging 30W. Yang beda, Asus Zenfone 10 kini sudah mendukung wireless charging 15W.

Demikian pula di sektor kamera. Kamera utamanya masih menggunakan sensor Sony IMX766 50 MP. Hanya saja, Galih menyebut kalau kamera utama Zenfone 10 sudah dilengkapi 6-axis Gimbal Stabilization 2.0 yang jauh lebih stabil dari sebelumnya.

 

Baca Juga :

Seri Zenfone Masih Punya Nafas, Asus Terus Lanjutkan Produksinya
 

 

“Peningkatannya secara software, dipadukan dengan EIS yang lebih stabil dan pengambilan fokus yang jauh lebih cepat,” terang Galih, saat dikonfirmasi langsung oleh tim Uzone.id di sela-sela acara Media Sneak Peek Asus Zenfone 10, Selasa (19/9).

Kamera ultrawide smartphone ini menggunakan sensor 13 MP. Sementara di depan, ada kamera selfie 32 MP yang sudah ditingkatkan kemampuannya dibanding sebelumnya, meski tak ada fitur autofocus di sini, beda dari Asus Zenfone 9.

Kalau melihat generasi sebelumnya, mungkin Asus Zenfone 10 akan dibanderol dengan harga yang menggoda. Untuk diketahui, Asus Zenfone 9 saat itu dijual mulai Rp7,9 jutaan sampai Rp11,9 jutaan.

Di Eropa, Asus Zenfone 10 dijual dengan harga 799 euro atau setara Rp13 jutaan sampai 929 euro atau sekitar Rp15,2 jutaan.