Balesin.id Mungkinkan Beli Produk Langsung Via WhatsApp
Uzone.id- Setelah sejak tahun 2015 bekerjasama dengan beberapa brand besar seperti BNI, Coca Cola, Frestea, BFI, dan juga Bang Joni dalam pengembangan produk berbasis chatbot, kini BJtech membuka fitur chat commerce untuk salah satu produsen roti. Chat commerce memungkinkan perusahaan berinterkasi secara live dengan konsumen yang ingin membeli produk.
Kali ini, BJTech membuat Chat Commerce untuk perusahaan Sari Roti. Chat Commerce ini sudah dapat digunakan melalui WhatsApp Messenger: +6281132214900 dan semua dikelola oleh perusahaan rintisan bernama Balesin.id.
Dikatakan pihak Balesin.id, pandemi sedikit banyak mengubah perilaku kebiasaan masyarakat Indonesia dalam berbelanja. Yang tadinya untuk belanja keluar rumah tidak ada masalah, sekarang mereka cenderung ingin berbelanja dari rumah saja, melalui online.
Baca juga:Ketika UMKM Dipermudah Transaksi dan Pembukuan Pakai Bonum
"Melihat fenomena tersebut, kami dari Balesin.id mengembangkan fitur Chat Commerce dimana para konsumen bisa langsung berbelanja dari WhatsApp Messenger, sebagai salah satu channel chatting favorit masyarakat Indonesia," ujar Diatce G. Harahap, CEO Balesin.id, dalam keterangannya, Kamis, 15 Oktober 2020.
Tidak hanya siap melayani setiap pertanyaan pelanggan secara otomatis, fitur Chat Commerce dari Balesin.id menyediakan mini-website yang bisa dimanfaatkan penjual untuk menampilkan barang-barang dagangan mereka. Mini-website ini memudahkan pembeli untuk melihat-lihat produk beserta detailnya, kemudian melakukan pembelian tanpa keluar dari layar chatting.
Adapun fitur-fitur lainnya untuk mendukung proses jual-beli online menjadi lebih mudah, seperti kalkulasi biaya dan ongkos kirim otomatis, integrasi dengan payment gateway dan logistik pilihan, dashboard untuk memantau aktivitas penjualan toko online, hingga data analitik untuk mencapai penjualan yang maksimal.
Baca juga:Startup untuk Para Pehobi di Indonesia
Didukung oleh teknologi kecerdasan buatan berbasis chatbot, Balesin.id memposisikan diri sebagai admin otomatis toko online yang siap menjawab pertanyaan pelanggan dengan tepat dan cepat. Setelah mendapatkan suntikan dana dari Stellar Kapital dan GDI (Global Digital International), Balesin.id menawarkan alternatif baru untuk berjualan dan belanja online. Penjual tidak perlu menjawab ratusan chat pelanggan satu per satu, sementara pembeli juga tidak khawatir karena pertanyaan mereka akan dijawab kapan pun, selama 24 jam.
“Salah satu klien Balesin.id yang sudah menggunakan fitur Chat Commerce di WhatsApp telah berhasil menunjukkan hasil positif seperti kenaikan di jumlah order dan revenue setiap bulannya sampai lebih dari 200%. Sehingga untuk brand-brand lain yang ingin meningkatkan customer engagement-nya di fase pandemi seperti sekarang ini, kami sangat siap untuk berkolaborasi,” tutup Diatce.