Begini Proses Pembaharuan Situs dan Aplikasi Tokopedia
(Foto: Tokopedia)
Uzone.id- Pernahkah kalian memperhatikan pembaharuan-pembaharuan yang terjadi pada website maupun aplikasi Tokopedia?
Kalau iya, kalian pasti menyadari bahwa pembaharuan tersebut dilakukan secara berkala pada jadwal tertentu. Seperti apa proses di balik pembaharuan yang terjadi?
Lewat START Summit Extension pada Mei lalu - Elly Susilowati, Test Engineer Lead untuk Tokopedia iOS dan Fanny Budiman, Test Engineer Lead untuk Website Tokopedia - menceritakan seperti apa proses di balik pembaharuan yang terjadi di aplikasi dan website Tokopedia.
Mengusung tema “How Engineering Productivity Optimizes Tokopedia Web and App Releases”, keduanya berbagi pengalaman dan keahlian mereka kepada para peserta melalui acara yang disiarkan lewat Youtube, Tokopedia Play, dan Website Tokopedia Academy.
BACA JUGA:Tim Engineer Tokopedia Ungkap Cara Mengoptimalkan Web dan Aplikasi
Proses Pembaharuan pada Website Tokopedia
Dalam acara tersebut, Elly dan Fanny menjelaskan bahwa proses pembaharuan Tokopedia pada aplikasi dan website berbeda. Pada website, proses pembaharuan terdiri atas 3 tahap yakni Staging, Beta, dan Production.
Staging adalah tahap pengecekan yang dilakukan olehTest Engineer. Pada tahap ini, paraTest Engineermemastikan semua perubahan yang dilakukan oleh para engineer telah teraplikasikan dengan baik pada website.
Apabila pengecekan selesai, maka semua pembaharuan tersebut akan disatukan dan kembali di tes ulang pada tahap Beta. Berbeda dengan sebelumnya, kali ini pengecekan dilakukan oleh semuastakeholderdan lebih menyeluruh.
Salah satu yang dicek adalahUser Interface(UI), mengingat pada tahapan ini, pembaharuan sudah dapat digunakan dan dicoba secara internal dengan tampilan yang akan diterimausernantinya.Bugsyang masih ditemukan juga akan diperbaiki sebelum masuk ke tahap selanjutnya.
Terakhir adalah proses Production, yakni pengunggahan pembaharuan kepada pengguna. Pada tahap ini, pembaharuan yang dilakukan sudah dapat dinikmati oleh para pengguna. “Semua hal harus runtut mengikuti proses rilis agar apa yang dinikmati olehuseradalah yang paling baik,” jelas Fanny.
Proses Pembaharuan pada Aplikasi Tokopedia
Berbeda dengan website, proses pembaharuan aplikasi Tokopedia terbagi ke dalam 5 tahap yakniDevelopment Week, Release Train Closed, Bug Bash, Hotfix, Regression,danSubmission.
“Seluruh proses ini dilakukan dalam waktu satu minggu, mengikuti pembaharuan yang dilakukan setiap satu minggu sekali,” kata Elly.
PadaDevelopment Week, paraengineermelakukantesting, perbaikanbugs, dan mempersiapkan pembaharuan selanjutnya.
Apabila daftar pembaharuan telah siap, maka akan masuk ke tahap selanjutnya yakniRelease Train Closed.
Pada tahap ini, parastakeholderakan berdiskusi bersama-sama, menilai apa saja fitur yang bisa dinaikkan pada minggu tersebut dengan menilai kesiapan dari fitur.
Apabila daftar pembaharuan telah terpilih, maka pembaharuan tersebut akan masuk ke faseBug Bashdan dicek ulang oleh semuastakeholder, baikTest EngineermaupunProduct Owneruntuk kembali menilai kesiapan dan kelayakan fitur.
Salah satu hal yang dicek adalah apakah pembaharuan tersebut mendukung semua resolusi, baik untuk tampilan iPad, iPhone, dan lain sebagainya.
Semuabugsserta masalah yang ditemukan pada faseBug Bashkemudian akan diperbaiki pada faseHotfix. Selama satu hari, paraengineerakan berusaha untuk menyelesaikan kendala yang baru ditemukan pada faseBug Bash.
Keesokan harinya, setelah proses perbaikan selesai, maka proses pembaharuan akan masuk pada tahapRegression, yakni pengecekan kembali semua kesiapan fitur secara keseluruhan, baik yang mengalami perubahan karena ada pembaharuan maupun yang tidak.
Tujuannya adalah untuk memastikan User Experience (UX) dari semua perubahan tersebut. Terakhir, apabila semua berada dalam kondisi yang prima, maka pembaharuan tersebut akan diluncurkan untuk pengguna.
Memantau Pembaharuan
Proses pembaharuan pada website dan aplikasi Tokopedia tidak berhenti ketika pembaharuan tersebut diterima dan digunakan oleh pengguna.
Setelahnya pun, paraengineerakan tetap melakukanMonitoringdanAlertingpada pembaharuan yang sudah dilakukan sehingga apabila ada masalah tak terduga, semua tim dapat langsung diinformasikan dan cepat mengambil tindakan.
Menurut Elly dan Fanny, proses monitoring pasca pembaharuan ini sangat penting karena selain memberikan pelajaran bagi kesiapan fitur kedepannya, fase ini juga menentukan apakah pembaharuan tersebut adalah pembaharuan yang benar-benar tepat dan dapat membantu lebih dari 100 juta pengguna aktif Tokopedia.