Bremm Journey 2023: 6 Aplikasi Wajib Install Biar Nyaman Pas Mudik

pada 1 tahun lalu - by

Uzone.id -Momen mudik lebaran 2023 sudah mulai terasavibes-nya. Apalagi, pemerintah telah menetapkan jadwal cuti bersama yang cukup panjang agar masyarakat lebih leluasa saat pulang ke kampung halaman, tepatnya mulai 19 sampai 25 April 2023.

TimUzone.idsendiri telah melakukan simulasi perjalanan mudik lebaran dari Jakarta sampai ke Kota Palembang, dalam episode terbaru Bremm Journey 2023. Perjalanan sejauh 532 km ini ditempuh menggunakan 2 mobil listrik, Hyundai Ioniq 5 dan Wuling Air ev yang sama-sama bertipelong range.

Melakukan perjalanan darat dengan jarak tempuh yang jauh, membuat kami harus mempersiapkan beberapa kebutuhan utama, seperti kesehatan fisik dan finansial yang cukup. Tapi selain itu, penting juga untuk menyiapkan hal-hal lainnya, termasuk aplikasi penunjang mudik lebaran 2023 yang harus dipasang dismartphone.

Berikut ini kami kasih rekomendasi beberapa aplikasi yang ‘wajib’ kalian install dismartphoneagar perjalanan mudik aman, nyaman, dan lancar.

Aplikasi peta dan navigasi

Ilustrasi foto: Henry Perks/Unsplash

Aplikasi peta dan petunjuk arah atau navigasi memudahkan kalian saat melakukan perjalanan mudik, terutama bagi pemudik yang pulang kampung menggunakan kendaraan pribadi. 

Seperti Google Maps dan Waze, keduanya bisa memberikan informasi kondisi kemacetan lalu lintas dan memilih rute tercepat untuk sampai ke titik tujuan. Juga, aplikasi peta dan navigasi pun dapat menunjukkan informasi penting seperti estimasi tarif tol, rest area terdekat, SPBU, dan sebagainya.

Aplikasi info tol

Ini juga penting untuk kalian install, lantaran bisa memantau kondisi lalu lintas di jalan tol secara langsung melalui CCTV. Kalian bisa install aplikasi Tol Kita dari Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR yang tersedia secara gratis.

Menunya lengkap, termasuk memungkinkan kalian melihat langsung keadaan lalu lintas lewat CCTV yang dipasang di titik-titik sepanjang ruas tol. Tol Kita juga menawarkan sejumlah fitur lainnya, seperti peta jalan tol, tarif tol, cekrest area, pengaduan, sampaicall center

Aplikasi bengkel online

Penting juga buat pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi, khususnya mobil. Perlu untuk mengunduh aplikasi bengkel online untuk berjaga-jaga kalau mobil kalian mengalami kerusakan atau gangguan di tengah jalan.

Ada beberapa aplikasi bengkel online yang bisa kalian install, seperti Online bengkel (Obeng) yang menunjukkan lokasi bengkel fisik terdekat dari lokasi saat itu juga. Informasi bengkel yang ditampilkan mulai dari rute ke bengkel tersebut sampai nomor kontaknya.

Kalian juga bisa install Shop and Drive. Aplikasi ini menyediakan layanan pemesanan perbaikan mobil dengan teknisi yang bisa langsung datang ke lokasi. 

Montiro.id juga bisa jadi pilihan. Aplikasi ini menawarkan pilihan servis yang lengkap, bahkan kalian pun bisa menghubungi montir spesialis secara langsung. Soal harga perbaikan, Montiro.id turut memberikan estimasi biayanya.

Mobile banking atau e-wallet

Untuk mudik lebaran, memang diwajibkan untuk menyediakan sejumlah uang cash untuk bekal selama perjalanan. Meski begitu, kalian juga tetap perlu memasang aplikasi mobile banking atau e-wallet dismartphone, jaga-jaga untuk top up kartu e-toll, mengisi pulsa, dan sebagainya.

Dengan aplikasi mobile banking atau e-wallet, kalian dapat melakukan transaksi kapan saja dan dimana saja. Sesuaikan saja aplikasi yang ingin kalian pasang, bisa Livin dari Bank mandiri, BNI Mobile, LinkAja, OVO, GoPay, dan sebagainya. Pastikan juga akun perbankan kalian sudah aktif, khusus untuk mobile banking.

Aplikasi travel agent

Kejebak macet atau mengalamitroubleyang bikin kalian terjebak di jalanan sampai malam? Daripada memaksakan untuk melanjutkan perjalanan, sebaiknya cari tempat istirahat seperti kamar penginapan atau hotel yang nyaman.

Hal ini sempat dialami oleh timUzone.idsaat mengalami masalah direst areaKM 49 Tol Trans Sumatra. SPKLU dengancharging portAC direst areatersebut tidak dapat bekerja dengan baik, sehingga tak bisa mengisi baterai Wuling Air ev yang kehabisan daya.

Hal ini membuat kami terjebak direst areasampai malam hari. Meski akhirnya bisa ngecas menggunakan bantuan stopkontak di Hyundai Ioniq 5, tapi kami tak memaksakan diri untuk melanjutkan perjalanan. 

Inilah gunanya aplikasitravel agentseperti Traveloka misalnya. Kami dapat melihat tempat istirahat terdekat secara langsung, sekaligus memesan tempat penginapan untuk beristirahat agar dapat melanjutkan perjalanan keesokan harinya.

Aplikasitravel agentjuga penting bagi pengguna angkutan umum, karena mereka dapat memesan tiket bus, kereta api, hingga pesawat dari jauh-jauh hari.

Aplikasi pengisian mobil listrik

Aplikasi pengisian daya mobil listrik seperti Charge.in jadi aplikasi wajib yang harus dipasang pengguna kendaraan listrik. Charge.in merupakan aplikasi wajib untuk melakukan pengisian daya baterai mobil listrik.

Charge.in juga memudahkan pengendara untuk mengetahui dimana lokasi tempat ngecas mobil listrik terdekat. Turut ditampilkan juga sistem charging yang tersedia, lengkap dengan keluaran dayanya. 

Ada beberapa charging port yang ditampilkan, seperti AC Standard (2 sampai 22 kW), AC Mini Plus (2 hingga 7 kW), CHAdeMO (30 kW), serta Combined Charging System atau CCS2 (30 kW).

Aplikasi kesehatan

Menghadapi perjalanan mudik lebaran tentu akan sangat melelahkan. Penting bagi kalian untuk memperhatikan dan menjaga kesehatan fisik selama perjalanan, salah satunya dengan memanfaatkan aplikasi kesehatan.

Lewat aplikasi kesehatan, pemudik dapat membeli vitamin dan obat-obatan langsung dari genggaman. Berkonsultasi dengan dokter yang kredibel juga dimungkinkan, jaga-jaga apabila ada gangguan kesehatan yang dialami di tengah-tengah perjalanan.

Buat pengguna kereta api dan pesawat, diharuskan juga untuk memasang aplikasi Satu Sehat. Dengan aplikasi ini, verifikasi vaksinasi utama danboosterdapat dilakukan dengan mudah sebagai salah satu syarat untuk bepergian menggunakan dua angkutan tersebut.

Itulah beberapa aplikasi yang harus kalian install dismartphoneagar perjalanan mudik tetap aman, nyaman, dan lancar. Semoga bermanfaat dan selamat mudik, Uzoners!