BYD Luncurkan Mobil Listrik yang Bisa Mengapung, Cocok Buat Banjir Nih

pada 7 bulan lalu - by

Uzone.id-Ada yang menarik ketika pabrikan China meluncurkan SUV premium mereka, YangWang U8 EREV. SUV listrik ini diklaim bisa mengapung di air, sehingga cocok untuk menerjang banjir.

Dilansir CarNewsChina, yangWang U8 diluncurkan dalam dua versi  yaitu Edisi Premium dan Edisi Master Off-road. Versi yang akan dijual terlebih dahulu adalah Edisi Premium, dan akan mulai dikirim pada bulan Oktober 2023.

 

 

YangWang U8 punya dimensi panjang 5.319 mm dengan lebar 2050 mm dan tinggi 1930 mm kemudian jarak antar sumbu rodanya sepanjang 3.750 mm.

Mobil ini menggunakan penggerak AWD dengan empat motor listrik dan output gabungan sebesar 1.197 hp.

Selain motor listrik, karena mengusung sistem Electric Range Extended Vehicle (EREV), mobil ini masih mengandalkan mesin bakar untuk generator pengisian baterainya.

BYD menyematkan mesin berkapasitas 2000 cc turbo yang memberikan tenaga pada baterai Blade 49,05 kWh. Baterai ini dilengkapi dengan teknologi Cell-to-Chassis (CTC), yang berarti baterai terintegrasi ke dalam sasis. 

Jarak tempuhnya mencapai 180 km jika hanya menggunakan baterai, dan jangkauannya bisa bertambah menjadi 1000 km apabila dikombinasi dengan baterai penuh dan tangki bahan bakar 75 liter.

Berkat platform e4 dan dilengkapi dengan sistem kontrol bodi hidrolik Disus-P, memungkinkan YangWang U8 untuk naik dan turun hingga 150 mm.

YangWang U8 bisa melakukan putaran 360 derajat, menyeberang, dan mengapung di atas air dalam keadaan darurat.

Edisi Premium dapat mengarungi kedalaman maksimum 1.000 mm, sedangkan Edisi Master Off-road dapat mengarungi hingga 1.400 mm dengan bantuan snorkel.

Ketika mode genangan dinyalakan, kendaraan akan menggunakan sensornya untuk memantau lingkungan, kedalaman air, status selip roda, dll.

Mode mengambang darurat akan diaktifkan secara otomatis apabila mobil masuk ke kedalaman melebihi batas.

 

 

Ketika diaktifkan, mesin pembakaran akan segera mati, Disus-P akan menaikkan suspensi ke tingkat maksimum, jendela akan ditutup secara otomatis.

AC juga akan dialihkan ke sirkulasi internal, dan sunroof akan terbuka, menyediakan pintu keluar darurat. Selain itu, kendaraan akan menampilkan kedalaman air pada layar head unit.

Untuk U8 Premium Edition dibanderol dengan harga 1 juta  yuan atau sekitar Rp 2 miliar, kemudian untuk Master Off-road Edition belum diumumkan, tetapi perkiraan harganya akan sama.