Cara Menjaga Keseimbangan Sepeda Motor di Tengah Kemacetan

pada 1 tahun lalu - by

Uzone.id - Mudik menggunakan sepeda motor selalu menjadi transportasi alternatif untuk kembali ke kampung halaman. Perjalanan ini kerap berhadapan dengan kemacetan baik saat mudik maupun arus balik. Dalam menggunakan sepeda motor, tentunya kemacetan harus dihadapi dengan keseimbangan agar motor dapat dikendalikan dengan mudah.

Keseimbangan sendiri dalam mengendarai motor menjadi faktor yang sangat penting, terutama dalam menunjang safety riding. Tanpa adanya keseimbangan, motor dapat dipastikan sulit dikendalikan, mudah jatuh, dan membuat pengendara ragu saat bermanuver.

Agus Sani selaku Head of Safety Riding Wahana menyebutkan untuk dapat menyeimbangkan motor, pengemudinya harus berlatih terlebih dahulu.

"Caranya ya harus dilatih, karena kalau di safety riding ada latihan namanya aero plank yaitu seperti jalan menggunakan motor di atas papan. Kalau sudah seimbang di atas sepeda motor, ingin manuver seperti apa pasti enak," ujar Agus dalam wawancara beberapa waktu lalu.

Selain melatih keseimbangan, faktor penggunaan rem juga memiliki pengaruh yang cukup besar. Penggunaan rem yang tidak tepat dan tidak sesuai dengan kondisi jalan justru akan menyulitkan pengendalian motor, bahkan dapat membuat terjadinya kecelakaan.

"Kalau rem seharusnya pertama melihat situasi kondisi jalannya. Memang rem depan lebih efektif dibandingkan belakang, karena ketika melakukan rem titik beban sepeda motor adanya di roda depan," paparnya.

"Kadang juga harus dilihat dari kondisi jalannya, ketika kondisi licin itu rem depan harus dikurangkan. Karena jangan sampai ban jadi tergelincir atau slip. Ketika kondisi jalan licin jadi harus banyak menggunakan rem belakang juga," tambahnya.

Perihal keseimbangan ini tentunya sangat penting, terutama saat mudik maupun arus balik yang kerap ditemui. Kondisi jalan yang berbeda setiap daerah pun juga dapat mempengaruhi keseimbangan dalam berkendara sepeda motor.

Selain keseimbangan, tentunya penggunakan perangkat keselamatan juga tak boleh dilupakan. Bukan hanya terhindar dari cegatan Polisi, namun helm, sarung tangan, sepatu, dan jaket dapat meminimalisir luka berat ketika terjatuh dari sepeda motor.