Daftar Startup Asal Israel yang Sudah Mendunia, Apa Saja?

pada 6 bulan lalu - by

Uzone.id– Di tengah konflik yang terus terjadi antara dua wilayah Israel dan Palestina, Israel bisa dibilang merupakan negara dengan ekosistem startup yang terbilang sukses di dunia.

Hingga saat ini, Israel tercatat memiliki 6.000 lebih startup yang beberapa diantaranya memiliki kantor pusat di Silicon Valley. Banyaknya startup di negara tersebut membuat Israel disebut sebagai ‘The Startup Nation’.

Dari ribuan startup tersebut, ada beberapa startup yang sudah mendunia dan bahkan tidak asing lagi di telinga masyarakat global, tak terkecuali Indonesia.

Apa saja startup-startup terkenal asal Israel? Berikut beberapa di antaranya.

Waze

Kebanyakan dari kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan aplikasi GPS yang satu ini. Yup, Waze adalah salah satu aplikasi maps terbaik yang jadi alternatif selain Google Maps.

Aplikasi Waze didirikan pada tahun 2006 silam oleh programmer Israel Ehud Shabtai dengan nama awal FreeMap Israel. Kemudian, di tahun 2008, perusahaan ini berubah menjadi Waze Mobile Ltd. 

 

 

Di tahun 2013 lalu, Waze yang semakin berkembang dan telah digunakan oleh 25 stasiun berita televisi Amerika dilirik oleh Google. Juni 2013, Google resmi mengakuisisi Waze dengan mahar USD1,3 miliar atau sekitar Rp20 triliun saat ini.

Hingga saat ini, Waze sendiri memiliki 151 juta pengguna aktif bulanan, sementara dari data terakhir pada 2019, pengguna Waze di Indonesia mencapai 3-4 juta pengguna aktif bulanan.

StarkWare Industries

Selanjutnya ada StarkWare Industries yang bergerak dalam teknologi kriptografi. Startup ini masuk dalam daftar 100 Highest Valued Unicorns versi Failory. Di 2022, perusahaan teknologi ini diperkirakan memiliki value sebesar USD8 miliar yang mana meningkat USD2 miliar dari 6 bulan sebelumnya.

StarkWare Industries ditemukan di tahun 2018 oleh Eli Ben-Sasson, Uri Kolodny, ,Michael Riabzev, dan Alessandro Chiesa. Salah satu teknologi yang dikembangkan oleh startup ini adalah STARK yang digunakan untuk meningkatkan skalabilitas dalam blockchain.

Fiverr

Selanjutnya ada startup Fiverr yang merupakan startup marketplace khusus untuk jasa freelance. Fiverr sendiri merupakan salah satu platform pencari kerja yang populer di kalangan freelancer saat ini, termasuk di Indonesia. 

Fiverr merupakan pasar online khusus freelancer yang didirikan pada tahun 2010 dan berbasis di Tel Aviv, Israel. Platform ini pertama kali dikembangkan oleh Micha Kaufman dan Shai Wininger.

 

 

Hingga saat ini, Fiverr tercatat memiliki 3,42 juta pembeli aktif yang berasal dari 160 negara. Ada banyak jenis layanan yang ‘dijual’ oleh freelancer di Fiverr, beberapa diantaranya adalah Graphics & Design, Digital Marketing, Writing & Translation, Video & Animation, Music & Audio, Programming & Tech dan lainnya.

Monday.com

Satu lagi startup asal Israel yang cukup familiar yaitu Monday.com, platform ini hadir untuk mengelola workflow pekerjaan dalam sebuah tim. Pengguna bisa berkolaborasi secara efektif dengan anggota tim untuk mendukung kelancaran pekerjaan mereka.

Monday.com didirikan oleh Roy Mann, Eran Zinman, Eran Kampf pada tahun 2012 dengan kantor pusat di Tel Aviv, Israel. Di tahun 2021 lalu, perusahaan mengungkapkan kalau mereka telah melayani lebih dari 127 ribucustomerdari 200 perusahaan.

Mobileye

Startup atau perusahaan teknologi yang satu ini bergerak di bidang otomotif, khususnya mengembangkan teknologi kendaraan otonom. Mobileye didirikan pada tahun 1999 di Yerusalem, Israel oleh Amnon Shashua, Norio Ichihashi dan Ziv Aviram.

Hingga saat ini, Mobileye telah berkolaborasi dengan berbagai perusahaan ternama seperti Tesla, Porsche, Toyota masih banyak lagi. Selain itu, di tahun 201 lalu, Intel mengumumkan akan mengakuisisi perusahaan teknologi ini dengan biaya USD15,3 miliar yang mana merupakan akuisisi termahal diantara startup-startup asal Israel.