DearApple dan Samsung, Redmi Sudah Kenalkan Fast Charging 300W Lho

pada 1 tahun lalu - by

Uzone.id -Beda dengan Apple dan Samsung yang masih berkutat denganfast charging30W untuk iPhone 14 Series dan 45W untuk Samsung Galaxy S23 Series (Plus dan Ultra), pabrikan ponsel asal China lagi gencar-gencarnya mengusung inovasifast chargingdengan keluaran daya yang begitu besar.

Oppo misalnya dengan SuperVOOC, Xiaomi lewat inovasi HyperCharge, Infinix dengan Thunder Charge, sampai Redmi yang mengenalkan Immortal Second Charger dengan kecepatan di luar nalar.

Ya, buat yang terakhir ini memang bener-benar luar biasa cepatnya. Bagaimana tidak, baru saja kita disuguhi SuperVOOC 240W yang diusung Realme GT3, gak butuh waktu lama Redmi sudah memamerkan teknologifast charging300W.

Info saja, teknologifast charging240W yang dipakai oleh Realme GT3 atau Realme GT Neo 5 (untuk pasar China) sudah terdengar luar biasa. Inovasi pengisian daya cepat itu bisa mengisi baterai sampai penuh 100 persen dalam waktu kurang dari 10 menit saja.

Namun Redmi sepertinya tak mau ketinggalan soal cepat-cepatan inovasifast charging. Beda sebulan saja, pabrikan asal China yang berada di bawah naungan Xiaomi tersebut meluncurkanfast charging300W yang disebut ‘300W Immortal Second Charger’.

Baca juga:Mengenal Canggihnya Teknologi Fast Charging di Smartphone

Kemampuannya? Bisa mengisi penuh baterai dengan kapasitas 4.100 mAh hanya dalam 5 menit saja, dimana untuk mencapai persentase 50 persen cuma butuh waktu 2 menit saja. 

Redmi memamerkan inovasi pengisian cepat tersebut melalui media sosialWeibo. Perusahaan tersebut menggunakan Redmi Note 12 Discovery Edition yang telah dimodifikasi dengan baterai 4.100 mAh. 

Untuk diketahui,smartphoneyang cuma dipasarkan di China itu menjadi ponsel denganfast chargingtercepat dari Xiaomi denganoutputdaya mencapai 210W.

Dalam video, sebenarnya daya yang diterima perangkat tak sampai 300W, hanya 290W saja. Itupun dicapai hanya dalam waktu tiga detik saja. Setelah mencapai titik tertinggi, pengisian daya bakal diturunkan perlahan untuk menjaga suhu baterai ponsel biar tak panas.

Baca juga:Sebelum Rilis di Indonesia, Realme GT3 Debut di MWC 2023

Jadi bisa dibilang,fast charging300W ini adalah atas maksimum yang secara teoritis dapat dicapai adaptor pengisian daya dan baterai. Tapi kemampuannya ‘dibatasi’ karena alasan keamanan.

Redmi sendiri tak menjelaskan secara teknis proses pengisian baterai super cepat 300W Immortal Second Charger tersebut. Perusahaan cuma menyebut, adaptorchargeryang digunakannya hadir dengan teknologi Double GaN dan memiliki lebih dari 50 perlindungan keselamatan.

Sayang, baik Xiaomi dan Redmi tak menyebut kapan pastinyasmartphonedengan kemampuanfast charging300W bakal masuk ke pasaran.