icon-category Gadget

Sebelum Rilis di Indonesia, Realme GT3 Debut di MWC 2023

Sebelum Rilis di Indonesia, Realme GT3 Debut di MWC 2023

Uzone.id - Tanggal peluncuran Realme GT3 akhirnya dikonfirmasi juga oleh Realme. Smartphone dengan fast charging paling ngebut ini bakal melenggang resmi pada 28 Februari 2023 mendatang, bertepatan dengan acara teknologi tahunan Mobile World Congress (MWC) 2023 di Barcelona, Spanyol.

Peluncuran Realme GT3 secara global ini dapat disaksikan langsung secara online melalui kanal YouTube resmi Realme pada tanggal yang sama pukul 22:00 WIB.

“Seri flagship terbaru Realme GT3 yang akan diluncurkan saat perhelatan tahunan Mobile World Congress 2023 (MWC 2023),” jelas Realme, dalam keterangan resmi yang diterima Uzone.id.

Realme GT3 akan debut dengan membawa teknologi fast charging 240W, sekaligus menjadi smartphone pertama di dunia yang diproduksi massal dengan pengisian daya secepat itu.

Bos Realme Global, Madhav Sheth menyampaikan, pengisian daya selama 30 detik menggunakan fast charging 240W membuat ponsel dapat dipakai untuk panggilan telepon terus-menerus selama dua jam.

Baca juga: 10 Smartphone Murah untuk Main Game, Mulai Rp2 Jutaan Doang

“Hadirkan kecepatan pengecasan maksimal dalam standar antarmuka USB Type-C, kapasitas pengisian daya yang dibawa Realme GT3 jauh lebih cepat dari pengecasan standar pada umumnya,” terang Realme.

Spesifikasi mirip Realme GT Neo5

Kabarnya, Realme GT3 merupakan versi global dari Realme GT Neo5 yang sudah meluncur di China. 

Smartphone ini ditenagai oleh prosesor Snapdragon 8+ Gen 1 yang lebih cepat dan efisien ketimbang Snapdragon 8 Gen 1. Dibuat dengan arsitektur 4nm TSMC, Snapdragon 8+ Gen 1 pun mengatasi isu overheat pada Snapdragon 8 Gen 1.

Ada dua varian yang disediakan, tergantung pada kecepatan fast charging yang didukung. Tipe tertinggi dilengkapi teknologi pengisian daya 240W, sementara untuk varian standar didukung fitur fast charging 150W.

Jika spesifikasinya serupa, maka Realme GT3 pun bakalan mengusung panel AMOLED 10-bit berukuran 6,74 inci dengan resolusi 2.772 x 1.240 piksel dan sudah mendukung refresh rate 144Hz. Touch sampling rate-nya sangat cepat mencapai 1.500Hz dan memiliki cakupan warna 100% DCI-P3.

Untuk model 240W, Realme GT 3 ditopang baterai 4.600 mAh, sementara untuk tipe 150W mempunyai baterai 5.000 mAh.

Diklaim Realme, teknologi 240W dapat mengisi baterai hingga penuh kurang dari 10 menit saja. Ngecas 80 detik saja, baterainya sudah terisi sebanyak 20 persen. 

Baca juga: Xiaomi 12T vs Realme 10 Pro+: Adu Kuat Ponsel Harga Rp6 Jutaan

Realme GT Neo5 di China membawa RAM hingga 16 GB dan penyimpanan sampai 1 TB untuk model 240W, sementara untuk varian 150W punya kapasitas RAM yang sama dengan penyimpanan cuma 256 GB saja. Belum dapat diketahui apakah besaran RAM dan storage ini akan diterapkan juga pada Realme GT3.

Di bagian kamera, sudah dilengkapi kamera utama 50 MP dengan sensor Sony IMX890 dan sudah didukung OIS (optical image stabilization). Ada dua kamera lainnya, yakni 8 MP dengan lensa ultrawide dan 2 MP untuk kebutuhan pemotretan makro. Sedangkan di depan ada kamera selfie 16 MP.

Inovatif dengan RGB di bodi belakang

Realme GT3 turut menghadirkan desain RGB transparan ikonik, mirip dengan Realme GT Neo5. RGB ini menghadirkan visual dari sektor performa melalui ‘jendela’ transparan pada bagian belakang, sehingga para pengguna dapat melihat sejumlah komponen inti dan cincin pencahayaan RBG berbentuk ‘C’ di bagian belakang.

Baca juga: Plus Minus Realme 10 Pro+, Ngandelin 'Layar Melengkung' Doang?

Sistem pencahayaan yang dapat disesuaikan melalui fitur khusus, menjadikan Realme GT3 smartphone yang mampu memberikan pengalaman baru bagi para pengguna.

Dipastikan masuk ke Indonesia

Madhav Sheth memastikan, Realme GT 3 akan meluncur resmi di Indonesia. Namun, ia tak menjelaskan kapan pastinya smartphone ini akan dipasarkan di tanah air.

“Realme akan menghadirkan teknologi pengisian cepat 240W dan desain RGB transparan di pasar global melalui smartphone dengan nama Realme GT 3, yang juga akan hadir di Indonesia,” pungkasnya.

Apabila benar Realme GT3 adalah varian global dari Realme GT Neo5, seharusnya harga smartphone itu pun tak akan jauh berbeda. Di China, Realme GT Neo5 untuk model 150W dijual mulai CNY2.499 atau Rp5,5 jutaan untuk varian 8/256 GB.

Sedangkan untuk Realme GT Neo5 240W, dibanderol mulai CNY3.199 atau Rp7 jutaan untuk varian 16/256 GB.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini