DSW 2023 Hadir Kembali, Jadi Pekan 'Pengetahuan' Bagi Talenta Digital

pada 8 bulan lalu - by

Uzone.id– Telkomsel bersama dengan komunitas Data Science Indonesia menggelar Science Weekend (DSW) 2023 sebagai komitmen untuk membangun ekosistem di bidang data, AI sekaligus mencari talenta digital nasional.

Acara yang digelar setiap dua tahun sekali ini akan mengusung tema"Nurturing Data, AI, and Digital Talent for Tomorrow"dan akan hadir pada 25-27 November 2023 di Jakarta.

Festival ‘pengetahuan’ ini akan mempertemukan para ahli dan pemikir dalam bidang data untuk mewujudkan komitmen dalam mengembangkan potensi data, AI dan bakat digital Indonesia di masa depan. Apalagi acara ini juga akan dihadiri oleh para siswa, komunitas, dan juga profesional.

“Kolaborasi dengan Data Science Indonesia dalam Data Science Weekend menjadi bagian dari komitmen kami untuk membuka semua peluang menuju Indonesia Emas 2045,” kata Direktur Human Capital Management Telkomsel R. Muharam Perbawamukti, dalam keterangan yang diterima Uzone.id, Jumat, (25/11).

 

 

Akan ada sekitar 30 pembicara mulai dari pemerintahan dan swasta untuk berbagi wawasan dan berdiskusi soal teknologi dan aplikasi data science di dunia nyata.

Ada Co-Founder & General Partner Alpha JWC Ventures Jefrey Joe, CEO Telkomsel Ventures Mia Melinda, Direktur Human Capital Management Telkomsel R. Muharam Perbawamukti, Komisaris Utama Telkomsel Wishnutama dan Direktur Digital Business Telkom Indonesia M. Fajrin Rasyid.

Lalu, akan hadir juga Ketua Komisi VI DPR RI Faisol Riza, KGPAA Mangkunegara X Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo, Staf Ahli Menteri Bidang Teknologi Mochamad Hadiyana, Deputi Bidang Parekraf Kemenkomarves RI Odo R.M. Manuhutu, hingga Menteri Komunikasi dan Informatika RI Budi Arie Setiadi dan Menteri PAN-RB RI Abdullah Azwar Anas.

"Lahir dari keresahan banyak pihak yang belum sepenuhnya memahami cara maksimal memanfaatkan data, Data Science Weekend dapat menjadi wadah yang membangun aliansi digital lintas komunitas dan meningkatkan literasi edukasi melalui sinergi yang kuat melalui kolaborasi lintas sektor,” tambah Ketua Data Science Indonesia Nabil M. Badjri.

Dengan adanya acara ini, Telkomsel dan Data Science Indonesia berharap gelaran DSW dapat menjadi sebuah wadah inklusif yang memungkinkan pertukaran pengetahuan dan pengalaman untuk memperkuat pemahaman akan dinamika perkembangan teknologi terkini.

Acara ini juga menjadi puncak kompetisi pengolahan dataset dari Telkomsel dan Pupuk Indonesia dimana telah terpilih enam finalis dari total 330 pendaftar untuk kategori junior dan profesional sejak Oktober 2023 lalu.

 

 

Di acara ini juga peserta bisa mempelajari aspek teknis teknologi terkini dan mengeksplorasi dunia data, DSW 2023 juga membuka rangkaian Data Class dari Google, Digital Government, dan VIDA.

Ada juga showcase dari beragam perusahaan teknologi di Indonesia, mulai dari Prosa.ai, Arkademi, Catalyst Global, Metrodata, Talenthub, Cloudera, IYKRA, Cakra.ai, tiket.com, Monroe Consulting, hingga Data Science Indonesia dan Telkomsel. 

Yang terbaru di DSW edisi kali ini adalah adanya Data Career yang mana para fresh graduate bisa mengetahui karir yang cocok dengan mereka lewat CV Review dan One on One Career Consultation.

Kolaborasi dengan Data Science Indonesia ini sejalan dengan komitmen Telkomsel sebagai digital ecosystem enabler untuk mendorong pertumbuhan ekosistem talenta digital Indonesia 

Terlebih melalui berbagai upaya kolaboratif bersama para stakeholders seperti acara lain seperti THRIVE untuk tech enthusiasts, Tech Titans, Program Magang Kampus Merdeka bersama Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI.

Tak sampai situ, di akhir pagelaran DSW 2023, akan ada inisiatif Digital Alliance untuk mewadahi komunitas-komunitas digital di Indonesia secara inklusif, mulai dari bidang data, software, design, hingga produk.