Dukung Gernas BBI, LinkAja Dorong UMKM Lokal Tumbuh

pada 2 tahun lalu - by
Advertising
Advertising

Uzone.id– Sebagai salah satu penyelenggara jasa sistem pembayaran digital, LinkAja secara konsisten mendukung kampanye Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI).

Gernas BBI merupakan gerakan nasional untuk mendukung produksi dalam negeri yang digagas langsung oleh Presiden Joko Widodo dan diluncurkan pada Mei 2020. Gerakan ini bertujuan untuk meningkatkan rasa bangga terhadap produk karya dalam negeri khususnya produk UMKM.

LinkAja berpartisipasi dalam seluruh rangkaian kampanye Gernas BBI yang diselenggarakan di 12 provinsi. Tahun ini, LinkAja kembali terpilih sebagai top brand tahunan, yang merupakan apresiasi yang diberikan oleh Pemerintah kepada para mitra yang berpartisipasi secara aktif dalam seluruh rangkaian Gernas BBI di setiap tahun.

“Kami mendukung penuh semangat Gernas BBI untuk mendorong masyarakat menggunakan produk dan layanan dalam negeri. Partisipasi LinkAja dalam gerakan ini, diharapkan dapat meningkatkan literasi keuangan digital pada masyarakat serta pelaku UMKM guna mempercepat peningkatan inklusi keuangan,” Direktur Utama LinkAja, Yogi Rizkian Bahar dalam keterangannya yang diterimaUzone.id.

Baca juga: LinkAja Jadi Satu-satunya E-wallet QRIS yang Hadir di ISEF 2022

Ia melanjutkan, “kami juga senantiasa mendukung UMKM sebagai tulang punggung kebangkitan ekonomi nasional, sambil terus membangun ekosistem finansial yang holistik agar dapat memenuhi kebutuhan transaksi masyarakat dan UMKM di Indonesia.”

Kampanye Gernas BBI berhasil meningkatkan jumlah pelaku UMKM Indonesia yang masuk ke ekosistem digital. Di tahun ini, pelaku UMKM yang terhubung ekosistem digital telah mencapai 21 juta, naik signifikan dari sebelum program Gernas BBI dijalankan dengan total UMKM terdigitalisasi yang masih 8 juta.

Sekadar diketahui, sepanjang 2022 LinkAja telah berkontribusi langsung dalam mendukung berbagai kegiatan rangkaian Kampanye Gernas BBI, yang antara lain LinkAja hadir di gelaran BBI Papua, Sumatera Barat, Maluku Utara, Sulawesi Barat, dan Kalimantan Barat.

Bentuk partisipasi LinkAja dalam Kampanye Gernas BBI meliputi akuisisi UMKM untuk mendukung adopsi pembayaran digital, pelatihan dan edukasi literasi keuangan bagi UMKM, digitalisasi pembayaran serta teknik pemasaran produk.

Selain itu, LinkAja juga mewujudkan aspirasi para UMKM dalam memfasilitasi pendampingan untuk penghitungan dan pembayaran Pajak Penghasilan (PPh) usahanya menggunakan LinkAja dengan berkolaborasi bersama Direktorat Jenderal Pajak (DJP).

Baca juga: Bantu UMKM Go Digital, LinkAja Gandeng 2 Startup Ini

Pendampingan tersebut telah diikuti oleh ribuan UMKM dari seluruh provinsi yang terlibat dalam perhelatan kampanye setiap bulannya.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia Sandiaga Salahuddin Uno menyebut terdapat 21 juta pelaku UMKM Indonesia onboarding atau masuk ke ekosistem digital e-commerce berkat Program Gernas BBI.

Dengan mengoptimalkan seluruh layanan yang diunggulkan oleh setiap BUMN, LinkAja optimis dapat memenuhi kebutuhan transaksi digital yang aman dan nyaman, serta semakin mempercepat proses inklusi keuangan yang merata di Indonesia.