Fakta TentangFreckles, Bintik-Bintik Cokelat di Wajah yang Jadi Tren Kecantikan

pada 6 tahun lalu - by
Advertising
Advertising

Uzone.id- Pernikahan Meghan Markle dengan Pangeran Harry telah lama berlalu. Namun masih banyak yang belum bisa melupakan penampilan Meghan di hari bersejarah itu. Meghan tampil cantik dengan riasan natural, tanpa berusaha menutupifreckles(bintik-bintik cokelat) di wajahnya.

Keberanian Meghan untuk tampil apa adanya itu ternyata menginspirasi banyak wanita. Bahkan mengutipNew York Post, banyak yang memamerkan kulit wajah alami di media sosial menggunakanhashtag#freckleslikemeghan.

Beberapa orang yang tidak memilikifrecklesberusaha untuk merias wajah dengan membubuhkan bintik-bintik hitam di sekitar hidung dan bawah mata. Bahkan, ada yang sampai membuat tatofreckles.

Baca:Umur 30 Tahun Masih Ada Jerawat, Apa Penyebabnya?

Namun sebelum mengikuti tren yang sedang berkembang, kamu mungkin perlu mengetahui terlebih dahulu seluk beluk tentangfreckles.

MengutipWebMD,frecklesadalah bintik-bintik hitam yang biasa ditemukan di wajah, leher, dada, dan lengan.Frecklesumum terjadi—terutama pada orang berkulit putih dan berambut pirang. WebMD menyebutkan bahwafrecklesbukan ancaman bagi kesehatan.

Frecklesdisebabkan oleh faktor genetika dan paparan sinar matahari. Menurut dr. Jonathan R. Subekti, SpKK dari Bamed Skin Care, Jakarta, juga mengungkapkan hal yang sama.

Baca:WaspadaGaes, Ini Berbagai Racun yang Ada di Rokok

Frecklesitu bawaan, dicetuskan oleh sinar matahari. Banyak terjadi pada orang Kaukasia, biasanya anak-anak sudah adafreckles,” kata Jo dalam seminar media di Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

Meski demikian, Jo mengungkapkan bahwafrecklesjuga mungkin terjadi pada orang Indonesia.

“Orang Indonesia yang kulitnya agak putih juga bisa muncul. Muncul dari kecil, tergantung pada pajanan sinar matahari. Semakin sering, berarti semakin banyakfreckles.”

Lebih lanjut, Jo mengatakan bahwa bila dibiarkan,frecklestidak menimbulkan risiko.