Fitur Shopee Live Makin Laris, Penjualan UMKM Naik 5 Kali Lipat

pada 3 bulan lalu - by
Advertising
Advertising

Uzone.id —Kampanye tanggal kembar di e-commerce masih menjadi tanggal yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia. Apalagi saat ini ada fitur live streaming dan video pendek yang semakin digemari saat berbelanja online.

Platform e-commerce Shopee, yang juga menghadirkan fitur live streaming (Shopee Live) dan video pendek (Shopee Video) mengungkap bahwa penjualan brand lokal mengalami peningkatan hingga 5 kali lipat saat menggunakan fitur live streaming Shopee Live.

Kenaikan signifikan ini terjadi pada hari puncak Kampanye 9.9, Senin, (09/09) 2024 lalu. 

Selain itu, antusiasme konsumen juga mendorong peningkatan di fitur Shopee Video, dimana jumlah produk lokal yang terjual di Shopee Video mengalami peningkatan hingga 13 kali lipat di periode yang sama.

 

 

Monica Vionna, Director of Marketing Growth Shopee Indonesia menyebut bahwa dampak pertumbuhan bisnis ini terjadi merata di berbagai kota di Indonesia, seperti Jember, Bandar Lampung, dan Lombok yang turut mengalami lonjakan pesanan pada hari puncak kampanye.

Dengan adanya pertumbuhan ini, Monica menyebut bahwa saat ini Shopee terus mengembangkan pengalaman live shopping melalui fitur Shopee Live mereka.

Perkembangan tersebut memungkinkan penjual lebih mudah terhubung dengan pembeli dengan menciptakan interaksi real time yang lebih menarik, personal, dan efektif. 

“Fitur ini memudahkan pengguna dalam menemukan rekomendasi produk lokal berkualitas sambil menikmati konten visual yang menghibur, informatif, dan relevan dengan kebutuhan mereka,” ujar Monika dalam keterangannya, dikutip Selasa, (17/09).

Kehadiran fitur video pendek Shopee Video juga menjadi ruang kreasi bagi UMKM, brand lokal, dan konten kreator dalam memasarkan produk dan menyajikan informasi menarik yang dikemas dengan penuh kreativitas. 

 

 

Kedepannya, Shopee menyatakan akan terus memperluas fitur-fitur tersebut sebagai bagian dari komitmen perusahaan untuk memberikan lebih banyak peluang dan kemudahan berbelanja bagi seluruh ekosistem, termasuk brand lokal dan UMKM. 

Di sisi lain, Shopee juga menyebutkan bahwa kampanye 9.9 Super Shopping Day merupakan pembuka rangkaian festival akhir tahun 2024 ini.

“Sebagai kampanye yang menjadi pembuka rangkaian festival belanja akhir tahun, kami harap kampanye 9.9 telah menjadi destinasi untuk memenuhi kebutuhan melalui ragam promo dan produk yang variatif, serta menjadi kesempatan untuk mendorong pertumbuhan bisnis dan berkontribusi positif pada perkembangan ekonomi digital Indonesia,” tutupnya.