Fotografi dengan Smartphone: Lebih Dekat dan Tanpa 'Mengintimidasi'

pada dalam 2 jam - by
Advertising
Advertising

Uzone.id -Fotografer profesionalsekelas Anton Ismael gak cuma menggunakan kamera kelas pro seperti DSLR ataumirrorlesssaja untuk mengabadikan momen dan membuat cerita lewat beberapa seri foto. Sering juga, dalam kesehariannya, kamerasmartphonetetap diandalkan untuk menangkap momen-momen tertentu.

Saat berbincang dengan timUzone.id, Anton mengatakan kalau kamerasmartphonememiliki banyak kelebihan yang tak dimiliki oleh sebuah kamera profesional. Kelebihan yang ia maksud, ponsel memungkinkan seorang fotografer untuk berbincang dan mendalami subjek yang ingin difoto, tanpa membuat mereka merasa ‘terintimidasi’.

 

 

Smartphonepunya kekurangan, tapi banyak kelebihan yang tak dimiliki oleh kamera pro. Saat menggunakan smartphone,evensebagai seorang profesional, saya memakai device ini (sambil menunjukkanXiaomi 14T Pro) untuk cobaobservesubjek yang ingin difoto,” katanya.

“Misalnya ingin memotret seorang sosok, kalau bawa kamera yang gede dengan size lebih besar, orang ini akan terintimidasi. Tapi kalau pakai ponsel, kita jadi gak berjarak,” sambungnya.

Lebih lanjut Anton mengatakan, apabila kamerasmartphonedifungsikan secara maksimal oleh siapapun, memungkinkan mereka untuk menciptakan sebuah karya dengan narasi yang seolah tidak berjarak. 

 

 

Misalnya, mengambil fotoportraitseorang penjual di pasar, tukang parkir di jalanan, atau siapapun yang kalian temui dan dirasa menarik untuk diceritakan dalam sebuah gambar. Bila menggunakan kamera pro, besar kemungkinan perilakunya akan berubah, namun saat menggunakan ponsel, subjek akan terlihat apa adanya. 

“Bila bisa menggunakannya secara maksimal untuk memotret, maka dapat ‘melihat lebih dekat’ untuk menggali cerita-cerita dan narasi yang digunakan,” pungkas Anton.