Gak Cuma ROG Ally X, Asus Juga Bawa 2 Laptop Gaming Baru ke Indonesia

pada 1 bulan lalu - by
Advertising
Advertising

Uzone.id -Rangkaian produk Asus yang dikenalkan pada ajang Computex 2024, bakal diboyong ke Indonesia dalam waktu dekat. Total ada tiga produk yang diluncurkan Asus pada Kamis (22/8) mendatang, yakni Asus TUF Gaming A14, Asus ROG Zephyrus G16, danAsus ROG Ally X.

“Hero model kita luncurkan, termasuk ROG Ally X yang kemarinpre-ordersudah dikirimkan keend-user,” jelas Muhammad Firman, Head of PR Asus Indonesia, dalam sesi Next Level Gaming Media Sneak Peek di Jakarta, Senin (19/8).

Asus TUF Gaming A14sudah kita sebarkan di store lokal, sedangkan ROG Zephyrus G16 sudah tersedia di distributor dan minggu ini akan rilis di pasaran,” sambungnya.

Menurut Firman, kemunculan rangkaian produk gaming Asus di Indonesia kini jauh lebih cepat dari sebelumnya. Tak perlu lagi menunggu berbulan-bulan, cuma butuh kurang dari dua bulan untuk membawa perangkat gaming Asus ke pasar tanah air.

“Kalau biasanya butuh 1 kuartal untuk produk yang launch di global dan dibawa ke Indonesia, sekarang kitaimprovejadi lebih cepat. Di Computex pada Juni, sekarang Agustus sudah diboyong ke Indonesia,” terang Firman.

 

 

Hanya saja, ada satu produk yang dikenalkan pada Computex 2024 lalu tidak diboyong Asus pada acara 22 Agustus mendatang, yakni Asus TUF Gaming A16. Disebutkan Firman, laptop gaming tersebut akan diperkenalkan pada September 2024 mendatang dalam acara terpisah.

“Tiga dari empat perangkat yang di Computex sudah ada di Indonesia. Untuk TUF Gaming A16, nanti rekan-rekan media bisa mencobanya dalam sesi terpisah,” tambah Firman.

Asus ROG Zephyrus G16 terbaru memiliki nomor model GA605, sementara TUF Gaming A14 punya nomor model FA401. Keduanya ditenagai prosesor AMD Ryzen AI 300 Series terbaru yang memilikineural processing unit(NPU) hingga 50trillion operations per second(TOPS).

AMD Ryzen AI 300 Series adalah prosesor terbaru dari AMD yang dibangun berdasarkan arsitektur Zen 5 dan teknologi 4nm. Prosesor ini menawarkan hingga 12 core dan dilengkapi dengan grafis AMD RDNA 3.5. 

Pada Asus ROG Zephyrus G16, prosesor ini dipasangkan dengan GPU hingga NVIDIA GeForce RTX 4070. Menariknya, walau dilengkapi kartu grafis kelashigh-end,form factorlaptop ini tetap ringkas dan masih enteng buat dibawa ke manapun.

Bobot laptop ini hanya 1,85 kg dengan ketebalan 1,49 cm. Diklaim Technical PR Asus Indonesia, Riandanu Madi Utomo, Asus ROG Zephyrus G16 adalah laptop gaming paling tipis di kelasnya. 

“Untuk kelasnya ya, ini adalah laptop paling tipis,” katanya.

 

 

Asus ROG Zephyrus G16 telah mengusung layar ROG Nebula Display dengan panel OLED yang mendukungvariable refresh rate(VRR) melalui Nvidia G-Sync. Dengan fitur tersebut, layar ini memastikan pengalaman gaming bebastearingdanstuttering

Panel OLED ini juga menawarkan akurasi warna tinggi dengan 100% DCI-P3, response time 0.2 ms, serta dukungan HDR dan sertifikasi industri. 

Sedangkan Asus TUF Gaming A14, laptop ini juga dibuat kompak dan ringan. Ketebalan bodinya 1,69 cm dengan bobot tak lebih dari 1,5 kg. Seperti Asus TUF Gaming lainnya, laptop ini telah lolos uji ketahanan berstandar US Military Grade. 

Dipadukan dengan AMD Ryzen AI 300 Series, Asus menyematkan GPU hingga Nvidia GeForce RTX 4060, memungkinkannya dapat menangani game-game modern dan kebutuhan komputasi intensif lainnya. 

Bicara soal layar, Asus TUF Gaming A14 membawa layar 14 inci yang sudah mendukungrefresh ratetinggi dan akurasi warna yang baik. Dengan dukungan Adaptive-Sync, pengalaman bermain game bebastearingdanstutteringdapat dinikmati secara optimal. 

Beda lagi untuk Asus ROG Ally X. Banyak upgrade yang diberikan Asus untuk konsol gaming handheld ini, tak cuma memberikan kapasitas baterai dan RAM yang lebih besar menjadi 24 GB saja.

 

 

Asus ROG Ally X memiliki desainmainboarddan sistem pendingin yang baru. Diklaim, ubahan ini membuat Asus ROG Ally X lebih adem dari sebelumnya, dan mencegahnya terjadioverheatseperti model ROG Ally generasi pertama.

Form factor-nya memang lebih tebal karena kapasitas baterai yang kini mencapai 80 Whr. Namun, konsol ini tetap nyaman digenggam,plustampil dengan desain yang ‘lebih gaming’ berkat balutan warna hitammattebertekstur halus.

Beberapa ubahan juga diberikan Asus pada tomboltriggeryang lebih pas dan nyaman saat ditekan. Konsol ini pun menanggalkan port ROG XG Mobile menjadi sepasang port USB-C, terdiri dari 1x USB 3.2 Gen 2 yang mendukung DisplayPort atau power delivery, serta 1x USB 4 yang mendukung Thunderbolt 4, DisplayPort 1.4 with Freesync, dan Power Delivery 3.0.

Sementara untuk dapur pacunya, Asus ROG Ally X masih ditenagai AMD Ryzen Z1 Extreme. 

Soal harga, berdasarkan situs resmi Asus ROG Indonesia, Asus ROG Zephyrus G16 (GA605) dibanderol mulai dari Rp40.999.000 dari harga asli Rp41.999.000. 

Sedangkan Asus TUF Gaming A14 (FA401), dijual dengan harga Rp21.999.000 dari harga asli Rp22.999.000. Dan untuk Asus ROG Ally X, konsol ini dijual dengan harga Rp13.999.000.