Gak Heran, Teknologi AI Banyak Di-googling Netizen Sepanjang 2023

19 December 2023 - by

Uzone.id Google Year in Search tahun 2023 menunjukkan fakta menarik soal minat dan tren masyarakat Indonesia dalam mencari informasi khususnya di Google. Di tahun ini, netizen Indonesia ternyata semakin banyak mencari informasi soal teknologi.

Advertising
Advertising

“Pencarian tentang teknologi itu semakin meningkat. Masyarakat itu mencari apa sih artificial intelligence. Banyak banget yang cari dan pengen tahu artificial intelligence itu apa,” kata Feliciana Wienathan, Communication Manager, Google Indonesia, dalam acara Year in Search 2023, Senin, (18/12).

 

Baca Juga :

Makin Mudah Bikin Playlist di Spotify, Bisa Pakai Fitur AI
 

 

Lebih menarik lagi, Feliciana menambahkan kalau pencarian ini tidak hanya sebatas mengetahui pengertian AI namun ternyata juga mencari tahu lebih dalam soal teknologi ini.

“Yang paling menarik adalah nggak cuma konsep AI, tapi juga turunannya. Seperti Generatif AI itu apa? Bard itu apa, Kami juga kaget ternyata masyarakat Indonesia banyak mencari Bard,” tambahnya.

Selanjutnya, fakta menarik dari pencarian netizen Indonesia tahun ini adalah pencarian soal pemanfaatan teknologi dengan bijak dan positif.

Dalam Google Year in Search tahun ini, pencarian soal ‘AI’ berada di posisi ke 4 dalam daftar teratas kategori ‘Apa’. 

 

Baca Juga :

Lebih Pintar dari ChatGPT, Simak Cara Pakai Gemini AI punya Google
 

 

Selanjutnya, pertanyaan soal ‘Menuntut ilmu pengetahuan dan teknologi’ dan ‘teknologi harus digunakan dengan bijaksana’  berada dalam top 5 pencarian dalam kategori ‘Mengapa’.

Pencarian soal Bard AI juga berada di pencarian teratas ke-9 dalam kategori Berita Google Year in Search 2023. 

“Hasil tahun ini menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia semakin kritis dan jeli dalam menelaah informasi, juga lebih bijak dalam menggunakan teknologi untuk mendapatkan manfaat maksimal,” tutup Feliciana.