icon-category Digilife

Makin Mudah Bikin Playlist di Spotify, Bisa Pakai Fitur AI

  • 18 Dec 2023 WIB
Bagikan :

Uzone.id – Oktober lalu, Spotify mengumumkan kalau mereka akan ikut mengembangkan AI untuk fitur-fitur di platform musiknya. Salah satunya adalah untuk membuat playlist dengan mudah.

Yup, Spotify sedang membuat fitur AI dimana nantinya pengguna bisa membuat playlist sesuai keinginan mereka tanpa harus ribet memasukkan lagu satu per satu. Dengan fitur ini, pengguna cukup membuat prompt atau perintah sesuai keinginan mereka.

Fitur ini masih dalam perkembangan tapi baru-baru ini, fitur ‘AI Playlist’ sudah mulai terlihat di platform oleh beberapa pengguna. 

Mengutip dari TechCrunch, Jumat, (15/12), Spotify mengkonfirmasi pengujian fitur tersebut ke beberapa pengguna, tapi tidak menjelaskan lebih jauh soal cara kerja dan kapan fitur ini akan dirilis.

Dalam sebuah video TikTok yang diunggah akun @robdad_, ia menemukan fitur ‘AI Playlist’ di laman Library pengguna.

@robdad_ Since when did they have this update on spotify. Now they got chatGPT making our playlists… also wtf is Which House Exploration???????? #spotify #update #ai ♬ Heavy Metal Lover overlapped - jinxknsaudios

“Sejak kapan mereka membuat update seperti ini di Spotify? Sekarang, mereka punya ChatGPT untuk membuat playlist,” tulisnya pada video yang diunggah 25 November lalu.

Nantinya, fitur ini akan hadir sebagai opsi ketiga saat membuat daftar lagu setelah opsi ‘Playlist’ dan ‘Blend’. Dalam keterangannya, AI Playlist baru tersedia dalam bahasa inggris saja.

 alt-img

Ketika diklik, pengguna akan menemukan tulisan ‘Playlist seperti apa yang kamu suka?’

Selanjutnya, Spotify memberikan beberapa ide/prompt sebagai referensi. Salah satu contoh ide/prompt playlist yang disediakan oleh Spotify adalah ‘isi kesunyian dengan latar belakang musik cafe’ dan ‘fokus pada pekerjaan dengan musik instrumental elektronika’.

 alt-img

Atau, pengguna bisa memasukkan prompt/ide sesuai dengan keinginan mereka. Setelah itu, ketika selesai membuat deskripsi, Spotify akan memproses permintaan itu.

Tak butuh lama, Spotify berhasil membuat playlist sesuai dengan permintaan tersebut. 

Fitur ini tampak canggih dan bisa membantu pengguna untuk membuat playlist dengan waktu singkat. Sayangnya, walaupun sudah dalam tahap uji coba ke beberapa pengguna, Spotify belum mau membocorkan kapan fitur ini akan dirilis.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini