Ganti RAM dan Memori Laptop, Bikin Garansi Hangus Gak?

24 January 2024 - by

Uzone.id - Upgrade komponen laptop, dalam hal ini RAM ataupun memori penyimpanan, menjadi salah satu cara termudah untuk menambah performa laptop kalian. Tapi yang jadi pertanyaan, apakah ganti atau upgrade RAM maupun memori SSD di laptop bikin garansi hangus?

Advertising
Advertising

Dengan menambahkan RAM, berarti memungkinkan kalian menjalankan lebih banyak aplikasi. Demikian juga dengan memori penyimpanan, makin lega storage-nya, makin banyak pula file yang bisa kalian simpan pada perangkat.

Dijelaskan Gaming Product Manager Acer Indonesia, Andreas Lesmana, pengguna laptop Acer diizinkan untuk upgrade RAM maupun memori SSD secara mandiri. Garansi pun tidak akan hangus, asalkan komponen tidak mengalami kerusakaan saat dilakukan penggantian atau penambahan.

 

Baca Juga :

Spesifikasi Acer Nitro 17, Laptop Gaming Bertenaga Intel Core 14th Gen
 

 

“Gak akan void garansinya, tapi kalau terjadi kerusakan maka akan hangus. Fair enough lah ya,” katanya, dalam sesi hands-on jajaran laptop Acer terbaru di tahun 2024, di Jakarta.

Daripada ganti sendiri, ia menyarankan pengguna untuk datang langsung ke service center resmi Acer Indonesia. Gak sulit mencarinya, Andreas mengklaim, Acer memiliki 100 lebih service center yang tersebar di seluruh Indonesia.

Andreas menjelaskan, ada dua skema yang bisa dipilih pengguna saat datang ke service center resmi Acer Indonesia. 

Pertama, pengguna dapat membeli komponennya langsung di service center Acer dan melakukan pemasangan secara gratis. Opsi ini memberikan garansi khusus buat komponen tersebut, baik itu RAM ataupun memori penyimpanan.

 

Baca Juga :

Gak Cuma GPU Laptop Gaming, Nvidia Kepincut Bikin ‘Otak’ Mobil Otonom
 

 

“Harganya memang agak mahal, tapi semua di-cover garansi. Laptop kalian juga akan dicek, bila ada debu akan dibersihkan juga,” jelas Andreas.

Opsi kedua, pengguna bisa membeli komponen RAM maupun memori SSD secara online atau toko offline. Lalu, datang ke service center Acer untuk dilakukan pemasangan. Biayanya lumayan terjangkau, berkisar antara Rp130 ribu sampai Rp160 ribu.

“Kan ada beberapa pengguna yang senangnya pakai merek A. Bisa pakai opsi ini, tapi tidak di-cover garansi,” terang Andreas.

“Jadi tidak perlu takut garansi hangus selama penggantian dilakukan di service center Acer,” tutupnya.