Gigabyte Rilis Motherboard yang Mudah Dirakit, Aorus X870

pada 1 hari lalu - by
Advertising
Advertising

Uzone.id -Gigabytejuga suguhkan motherboard seri Aorus X870 dan X870E yang dirancang khusus untuk prosesor AMD Ryzen 9000 Series. Motherboard ini dilengkapi teknologi Aorus AI Snatch yang disebut dapat memaksimalkan potensi penuh dari arsitekturAMD Zen 5yang baru. 

Ada beberapa fitur unggulan yang dihadirkan pada dua seri motherboard ini, seperti desain daya danvoltage regulator module(VRM) yang superior. VRM merupakan komponen yang mengatur pasokan daya ke CPU dan komponen lainnya.

VRM ini dilengkapi sejumlah fitur, seperti MOSFET (metal oxide semiconductor field effect transistor), semacam saklar untuk mengaktifkan atau mematikan arus melewati sirkuit listrik. Apabila CPU meminta daya, MOSFET bertindak sebagai saklar ‘on’ dan memungkinkan daya mengalir melalui sirkuit daya.

 

 

Ada jugachoke, kapasitor, dan pengontrol PWM (pulse width modulation) yang mendukung hingga 20 fase daya. 

Sementara teknologi Aorus AI Snatch yang dipadukan dengan Auto DDR Memory Boost, dapat mengeluarkan potensi penuh atauoverclockingdari memori DDR5 hanya dengan satu klik saja. 

Diklaim Gigabyte, kecepatan memori DDR5 bisa mencapai 8600 MT/s (mega transfers per second). Hal ini membuat performa keseluruhan (terutama untuk gaming) bakal terasa maksimal.

Motherboard Gigabyte juga memiliki sistem termal dari berbahan dasar logam, DDR Wind Blade namanya. Sistem ini dikombinasikan denganheatsinktahan lama untuk menjaga perangkat tetap dingin dan efisien. 

DDR Wind Blade dapat mengurangi temperatur hingga 10°C lebih dingin, memastikan stabilitas di bawah beban berat, dan mendorong batas kinerja tanpa panas berlebih.Plus, terdapat Smart Fan 6 yang memungkinkan pengguna mengontrol kecepatan kipas pendingin via aplikasi.

 

 

Lewat motherboard barunya, Gigabyte juga ingin penggunanya lebih mudah merakit PC gaming idaman mereka. Makanya, ada fitur EZ-Latch, mulai dari M.2 EZ-Latch Click, M.2 EZ-Latch Plus hingga PCIe EZ-Latch Plus yang menyederhanakan proses perakitan dan memastikan instalasi yang cepat dan tidak merepotkan.

Fitur lainnya, motherboard Gigabyte seri X870E dan X870 dilengkapi WiFI 7 dengan desain WiFi EZ-Plug yang memudahkan proses pemasangannya, hingga konektivitas dual USB4 Type-C dengan bandwidth masing-masing hingga 40 Gbps. 

Motherboard Gigabyte X870E dan X870 hadir dalam beberapa varian, termasuk Master, pro, Elite, Gaming, dan Eagle. Setiap varian ditujukan untuk berbagai tipe pengguna, mulai dari gamer profesional hingga pengguna yang membutuhkan kinerja workstation tingkat tinggi.