Giliran Dirjen IKP Kominfo Usman Kansong Undur Diri

pada 8 hari lalu - by

Uzone.id —Direktur Jenderal IKP (Informasi dan Komunikasi Publik) Kementerian Komunikasi dan Informatika, Usman Kansong mengumumkan pengunduran diri pada hari ini, Rabu (14/08) setelah kurang lebih 3 tahun menjabat. Keputusan ini hanya berselang dua bulan setelah Dirjen APTIKA Kominfo, Semuel Pangerapan juga pamit dari kementerian.

“Waktu 3 tahun 4 hari tentu masih terlalu singkat untuk sebuah pengabdian kepada Indonesia. Karena pengabdian kepada bangsa dan negara, kepada rakyat, haruslah seumur hidup,” kata Usman Kansong dalam sambutannya pada hari ini, Rabu (14/08).

Ia melanjutkan, “Ya tetapi, mengabdi dan mencintai Indonesia itu bisa dari mana saja. Oleh karena itu, saya mengundurkan diri dari posisi Dirjen IKP Kominfo per 13 Agustus 2024. Dan tentu saya akan tetap melaksanakan kerja-kerja komunikasi publik dari luar pemerintahan.”

 

 

Pengunduran diri ini dilakukan 2,5 bulan sebelum masa periode pemerintahan tahun ini berakhir. Ia menyampaikan pengunduran ini diajukan kepada Menteri Kominfo per 13 Agustus 2024 dan berakhir pada hari itu juga.

Selain melepas posisi Dirjen IKP, Usman juga akan melepas jabatan wakil ketua harian Satgas Judi Online dan menyerahkan ke Dirjen IKP selanjutnya. Sementara untuk alasannya, Usman mengatakan bahwa pengunduran ini merupakan keinginan dirinya sendiri dan tidak ada paksaan dari pihak manapun. 

“Tidak ada tekanan dari luar, ini keinginan saya sendiri, dan sudah saya bicarakan dengan Sekjen, Wamen, dan sebelumnya dengan Pak Menteri. Jadi ada dalam diri saya yang mungkin malu dijelaskan disini. Ada hal yang sifatnya privat dalam diri saya sendiri,” ujarnya.

 

 

Pengganti Dirjen IKP sendiri masih belum diumumkan, namun Usman berharap penggantinya akan diumumkan dalam waktu dekat dan mampu melanjutkan tugas-tugas yang saat ini masih tersisa.

“Harapan saja supaya cepat ada penggantinya saya kira dalam waktu yang tidak terlalu lama lah akan ada penggantinya. Saya kira pejabat baru bisa menyelesaikan dengan baik seluruh pekerjaan tersebut karena kita semua, saya dan teman-teman struktur dan saya sudah meletakkan dasar-dasarnya,” lanjut Usman.

Usman pun meminta maaf karena mundur di tengah pelaksanaan beberapa hal termasuk HUT RI ke-79 di IKN.

“Saya minta maaf karena mundur di saat kita melaksanakan kerja-kerja Komunikasi Publik di IKN dan Jakarta, High Level Forum Indonesia, Afrika Forum, kemudian kedatangan Paus Franciscus, PON Medan dan Aceh, Pilkada 2024, danlegacypresiden,” ujarnya.

Usai melepas jabatan sebagai Dirjen IKP, Usman mengatakan dirinya akan kembali ke profesi awalnya, yakni sebagai jurnalis dan sedang menunggu penerbitan buku. Usman juga rencananya akan menyelesaikan sebuah novel usai keluar dari jabatan Kominfo ini.

Seperti yang sudah diwartakan sebelumnya,Direktur Jenderal APTIKA Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan menyatakan undur diri dari jajaran Kementerian Komunikasi dan Informatika pada 4 Juli 2024.

Insiden serangan ransomware atas Pusat Data Nasional Sementara 2 menjadi alasan utama Samuel mengundurkan diri. Saat ini, posisi Dirjen APTIKA telah diisi oleh Hokki Situngkir.