Google Doodle Hari Ini Rayakan Ultah Pemeran Mak Nyak di ‘Si Doel’

pada 4 bulan lalu - by

Uzone.id– Halaman utama pencarianGooglehari ini, Senin, (29/01) dihiasi kartun animasi salah satu artis legendaris Indonesia, Aminah Cendrakasih.

Yup,Google Doodlekali ini menjadi perayaan ulang tahun Aminah Cendrakasih yang jatuh pada hari ini. Aminah lahir pada 29 Januari 1938 di Magelang, Jawa Tengah.

Bagi yang tidak familiar, Aminah Cendrakasih merupakan aktris senior yang sudah malang melintang di industri perfilman Indonesia. Salah satu karyanya yang paling terkenal adalah peran Mak Nyak di sinetron Si Doel Anak Sekolahan.

 

 

Karir dan sepak terjang Aminah di industri film Indonesia tidak perlu diperhitungkan lagi, ia sudah memulai karir pada tahun 1955 atau saat usia 17 tahun dalam film ‘Oh, Ibuku’ dan satu tahun kemudian ia pun membintangi film ‘Serampang 12’.

Serampang 12 menjadi film yang membawa namanya naik dan banyak dikenal masyarakat Indonesia, ketenarannya meroket dan terus banjir tawaran untuk berperan di film-film Indonesia.

“Selama beberapa dekade berikutnya, Cendrakasih mendapatkan lebih dari 100 peran dalam acara dan film terkenal seperti Taman Harapan dan Si Doel Anak Sekolahan,” tulis Google Doodle.

 

 

Berkat penampilan dan dedikasinya di dunia film Indonesia, Aminah mendapat banyak penghargaan termasuk memenangkan dua Lifetime Achievement Awards dari Festival Film Bandung dan Penghargaan Film Indonesia.

Aminah Cendrakasih meninggal 2 tahun lalu, tepatnya pada 21 Desember 2022 di usia 84 tahun dan dimakamkan di TPU Karet Bivak, Jakarta Pusat.