GoSend Hadirkan Program Pelatihan Tren dan Strategi Ramadan Bagi UMKM
Uzone.id— Menjelang bulan Ramadan yang hanya tinggal beberapa hari lagi, GoSend yang merupakan layanan logistik dari GoJek Indonesia resmi membuka program pelatihan Ruang Belajar GoSend pada Rabu, (15/03).
Diresmikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Ruang Belajar GoSend edisi pertama ini dirancang untuk membantu pelaku UMKM mempelajari tren penjualan dan perilaku konsumen di bulan Ramadan dan Lebaran.
“Hari ini, bersamaan dengan momentum menyambut Ramadan, Gojek membekali para UMKM yaitu mitra social seller dengan program pelatihan perdana melalui Ruang Belajar GoSend,” kata Presiden Unit Bisnis On Demand Service GoTo Catherine Hindra Sutjahyo.
Program ini dikhususkan bagi UMKM yang tergabung pada Komunitas Best Seller GoSend, Hingga saat ini, komunitas tersebut sudah memiliki 22 ribu anggota per Maret 2023.
Program ini juga memberikan latihan soal bagaimana menangkap peluang penjualan melalui strategi pemasaran digital dan pembuatan konten kreatif.
Adanya program Ruang Belajar GoSend diharapkan dapat meningkatkan kapasitas dan pemahaman anggota mengenai tren belanja online.
“Pelatihan ini akan dilakukan setiap kuartalnya, dan pada acara perdananya, Ruang Belajar GoSend dihadiri oleh ratusan anggota Komunitas Best Seller GoSend secara hybrid,” tambahnya.
Selain program ini, GoJek juga memperkenalkan solusi logistik terbaru GoCorp Send dan fitur Jadwalin Pengiriman GoBox.
“Kami juga memperkenalkan ragam solusi baru untuk mengakomodir lonjakan permintaan untuk mempermudah kegiatan bisnis mitra seller selama bulan Ramadan dan momen jelang Lebaran,” ujarnya.
Dengan adanya GoCorp Send, pelaku usaha online dapat dapat mencatat administrasi biaya logistik dengan baik serta mendapatkan opsi invoicing bulanan. Lalu, kehadiran Jadwalin Pengiriman GoBox juga akan membantu pengiriman barang dengan ukuran besar dan jumlah yang banyak.
3 program ini merupakan bagian dari fokus bisnis Gojek dalam mendukung pertumbuhan berkelanjutan pada tahun 2023. Apalagi Lebaran dan Ramadan merupakan momen penting bagi penjual di Indonesia.
Survei dari The Trade Desk dan YouGov menunjukkan kalau 88 persen masyarakat Indonesia berencana untuk belanja online di Ramadan tahun ini.
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Sandiaga Uno, menjelaskan “Bulan Ramadan ini adalah salah satu momen yang ditunggu-tunggu bagi UMKM untuk naik kelas.”
Melihat riset Mandiri Institute dimana puncak belanja pada periode Ramadan pada 2022 lebih tinggi 31 persen dibanding tahun sebelumnya, Sandiaga optimis pada tahun ini lebih meningkat dari tahun sebelumnya karena telah dicabutnya PPKM dan mobilitas masyarakat untuk Idul fitri yang lebih mudah.
“Saya harap kegiatan Ruang Belajar GoSend dapat jadi wadah edukasi bagi ribuan UMKM di indonesia, sehingga menciptakan UMKM yang naik kelas,” tambahnya.
Untuk bergabung ke program ini, pelaku UMKM hanya perlu bergabung dalam Komunitas Best Seller GoSend secara gratis lewattautan iniuntuk mendapatkan informasi mengenai produk terbaru maupun keuntungan lainnya.