Hands-on Samsung Galaxy S24 FE: Ini Baru 'Flagship Killer'!

pada 8 jam lalu - by
Advertising
Advertising

Uzone.id -Banyakbrandyang ngaku-ngaku hadirkan ‘flagship killer’ untuk lawan ponsel-ponsel kelas premium yang dibanderol dengan harga selangit. Tapi rasanya, belum ada dehflagship killeryang seniatSamsung Galaxy S24 FE.

Ya, Samsung Galaxy S24 FE baru meluncur secara global, termasuk juga di Indonesia. Ponsel ini layak banget diplot sebagaiflagship killer-nya dari Samsung, lantaran suguhkan fitur-fitur yang sebelumnya eksklusif padasmartphonekelas premium.

Dari tampilan luarnya, memang seperti tak ada ubahan desain yang signifikan pada Samsung Galaxy S24 FE dibanding sebelumnya. Masih mengusung desain ‘Galaxy Identity’, ponsel ini tetap tampilkan modul kamera yangframelessserta disusun vertikal, warna yangeye-catching, serta layar AMOLED datar yang cenderung lebih mirip Galaxy A Series.

Sebenarnya, ada beberapa ubahan yang dilakukan Samsung untuk ponsel barunya. Pertama, ukuran layarnya yang jadi lebih besar. Bukan lagi 6,4 inci tapi jadi 6,7 inci, yang otomatis membuat ponsel ini jadi agak lebihbulkydan terasa tebal di genggaman.

Kedua, Samsung melapisi layarnya dengan Gorilla Glass Victus+, lebih tangguh ketimbang Victus generasi pertama pada Galaxy S23 FE. 

Dan ubahan terakhir, sebenarnya malah jadi kekurangan dari Samsung Galaxy S24 FE adalah warna yang malah jadi lebih sedikit. Secara global ada lima varian warna, tapi di Indonesia hanya ada tiga, yakni Blue, Graphite, dan Gray. 

Ya, Samsung Galaxy S24 FE sekarang jadi lebih besarform factor-nya. Satu alasannya, karena layar yang kini lebih luas dengan bentangan 6,7 inci. 

Jenis layarnya masih sama sebenarnya, Dynamic AMOLED 2X dengan resolusi Full HD+ dan sudah mendukungrefresh rate120Hz. Tapi, ada satu fitur baru yang disematkan Samsung untuk tingktkan kualitas visualnya, yakni ProVisual Engine.

Fitur ini sebelumnya ada pada trio Samsung Galaxy S24 Series. Fitur tersebut dapat tingkatkan kecerahan, kontras, dan kualitas warna dari konten yang ditampilkan pada layar Galaxy S24 FE.Plus, didukung pula dengan Vision Booster.

Kurangnya dari layar ini,bezelyang masih terbilang tebal buat ponselhigh-end. Simetris memang, tapi kurangsregsaja melihatsmartphoneRp9,9 jutaan denganbezelsetebal ini. Samsungsihngeklaim kalau ketebalanbezellayar Galaxy S24 FE lebih tipis 20 persen. 

Ditenagai Exynos 2400e, Galaxy AI lengkap!

Galaxy FE Series biasanya pakaichipsetyang setahun lebih tua dari Galaxy S Series. Spesial untuk Galaxy S24 FE, Samsung menggunakan prosesor Exynos 2400e,system on chip(SoC) 4nm yang dirancang untuk memaksimalkan potensi kecerdasan buatan (AI).

Samsung Exynos 2400e merupakan ‘versi rendah’ yang telah di-underclock dari Exynos 2400 pada Samsung Galaxy S24 dan Galaxy S24+.Chipsetini disandingkan dengan RAM 8 GB serta memori internal sebesar 128 GB atau 256 GB, kemudian untuk dayanya ditopang baterai yang juga lebih besar.

Mengimbangi layar yang lebih besar, sekarang baterainya berkapasitas 4.700 mAh yang diklaim dapat bertahan sampai 28 jam untuk memutar video tanpa henti. Sayangnya,fast chargingmasih saja mentok pada 25W saja. 

Untuk memaksimalkan performanya, Samsung membenamkanvapor chamberdengan area 11 persen lebih besar. 

Masuk ke AI, ini yang bikin kami menyebut Samsung Galaxy S24 FE merupakan sebuah‘flagship killer’. Samsung membenamkan fitur Galaxy AI lengkap pada Samsung Galaxy S24 FE. Fitur-fitur yang ada di trio Samsung Galaxy S24 Series, bahkan fitur yang sebelumnya eksklusif pada Galaxy Z Fold6, ada juga di ponsel satu ini.

Total, ada 12 fitur Galaxy AI di Samsung Galaxy S24 FE. Ada AI Composer, Portrait Studio, Sketch to Image, PDF Overlay, dan Listening Mode. Fitur ini sebelumnya hanya tersedia pada One UI 6.1.1 yang hadir di Samsung Galaxy Z Fold6 dan Galaxy Z Flip6.

Sisanya, ada Circle to Search, Generative Edit, Chat Assist, Browsing Assist, Transcript Assist, dan Interpreter. 

Seluruh fitur ini kasihexperienceyang sama seperti modelflagship-nya Samsung. Dan fiturnya pun memadukan proseson-devicedan jugacloudAI yang butuh koneksi internet.

Spesifikasi lainnya dan harga resmi

Samsung masih menyematkan konfigurasi kamera yang sama dengan Galaxy S23 FE. Kamera belakang ada tiga, terdiri dari kamera utama 50 MP denganoptical image stabilization(OIS), kameraultrawide12 MP, dan kameratelephoto8 MP dengan 3xoptical-zoomyang didukung juga dengan OIS.

Di depan, kamera selfie 10 MP. Fitur barunya, ProVisual Engine. Teknologi ini gak cuma untuk meningkatkan kualitas visual saja, tapi juga memungkinkan kamera dapat memotretlow-lightsecara maksimal. 

Satu lagi, Samsung Galaxy S24 FE berjalan di One UI generasi terbaru berbasis Android 14. Samsung kasih jaminan 7 kali upgrade OS dan 7 tahun security patchrutin buat Galaxy S24 FE. 

Samsung Galaxy S24 FE dibanderol dengan harga Rp9.999.000 untuk model 8/128 GB dan Rp10.999.000 untuk model 8/256 GB. Selama masapre-order, Samsung memberikan promo upgrade memori dua kali lipat, membuat konsumen dapat membeli model 8/256 GB seharga Rp9.999.000.