Hands-on Vivo Y36 Series: Desain Flagship jadi Daya Tarik

31 May 2023 - by

Uzone.id - Adopsi desain flagship ke segmen menengah ke bawah lagi jadi tren di industri smartphone saat ini. Terbaru, Vivo yang menghadirkan dua ponsel, Vivo Y36 dan Y36 5G yang mengusung desain ala smartphone flagship di segmen harga yang lebih murah.

Advertising
Advertising

Kayaknya sudah banyak brand smartphone yang memopulerkan ‘desain ala flagship’, terutama merek-merek asal China. Terlebih, desain memang salah satu sektor yang jadi perhatian konsumen, makanya tak heran banyak seri ponsel yang menyertakan gimmick ini sebagai salah satu jargon utamanya.

Vivo Y36 dan Y36 5G pun demikian. Kedua smartphone ini hadir dengan tagline ‘gaya sultan, performa jagoan’. Vivo menyebut, kedua smartphone barunya menjadi Y Series pertama yang mengadopsi Dynamic Glass Design ala flagship.

Baca Juga :

Vivo Y36 Series Tiba di Indonesia, Harga Rp3 Jutaan Bodinya dari Kaca

Dibanderol dengan harga mulai Rp3,3 jutaan, apakah cuma desain saja yang jadi andalan Vivo Y36 dan Y36 5G? Berikut tim Uzone.id kasih jawabannya dalam ulasan singkat terhadap dua smartphone terbaru Vivo di Indonesia.

Jujur, desain Vivo Y36 lebih menarik

Bodi belakang Vivo Y36 dan Y36 5G sama-sama dibuat menggunakan material kaca. Dynamic Glass Design namanya, sekaligus jadi Y Series pertama yang mengusung desain berkelas ala ponsel flagship tersebut.

Masing-masing seri memiliki dua jenis warna. Vivo Y36 standar tampil dengan warna Glitter Aqua dan Meteor Black, sementara Vivo Y36 5G hadir dalam warna Crystal Green dan Mystic Black.

Setelah mencobanya langsung saat peluncuran resminya di Indonesia, desain Vivo Y36 standar terlihat lebih menarik. Glitter Aqua menunjukkan warna hijau muda dengan taburan glitter yang bikin tampilannya lebih berkilau.

Efek glitter ini didapat berkat teknologi Golden Ripple Process milik Vivo. Dengan teknologi tersebut, warna Vivo Y36 terlihat lebih eye-catching, apalagi saat terkena paparan cahaya lampu atau sinar matahari.

Saking spesialnya warna ini, product ambassador Vivo, Yuki Kato pun lebih sering memamerkan Vivo Y36 warna Glitter Aqua dibanding Crystal Green pada Vivo Y36 5G.

Meski begitu, bukan berarti warna-warna lainnya terutama pada Vivo Y36 5G terlihat biasa saja. Crystal Green misalnya, dengan tone warna yang hampir sama dengan Glitter Aqua.

Baca Juga :

Review Vivo V27 5G: Suksesor Istimewa, Terasa Mewahnya

Warna ini sebenarnya terlihat lebih jernih dengan efek cermin yang bikin pengguna bisa ngaca menggunakan bodi belakang ponsel. Apalagi, warnanya pun agak mirip dengan tren fashion pada momen Lebaran 2023 yang lalu, yakni baju dengan warna hijau sage.

Tapi sayangnya, efek cermin inilah yang bikin Vivo Y36 5G mudah kotor akibat gampangnya jejak sidik jari menempel di bodi belakang. Sementara warna lain seperti Meteor Black dan Mystic Black, keduanya tampil elegan dengan warna hitam cukup pekat dan efek pantulan cahaya.

Terlihat cantik, tapi juga kuat. Build quality ponsel ini telah dipersiapkan dengan baik oleh Vivo. Kedua smartphone ini sudah mengantongi rating IP54 yang berarti tahan debu dan percikan air.

Beberapa pengujian ketahanan pun telah dilakukan, seperti drop test sampai 32 ribu kali, USB plugging test hingga 6 ribu kali, uji suhu ekstrem, uji anti gores, dan sebagainya.

Layar terlalu mainstream

180 derajat dengan bodi belakang, bagian depan Vivo Y36 Series malah terlihat begitu mainstream. Penamaannya saja yang dibuat catchy, tapi nyatanya masih sama dengan ponsel Rp3 jutaan lainnya.

Vivo sih menyebut desainnya sebagai ‘Ultra O Screen’. Padahal, desainnya cuma layar memanjang dengan bezel tebal di bagian bawah, plus adanya lubang kamera di tengah atas layarnya.

Panel layarnya sendiri berjenis IPS LCD berukuran 6,64 inci dengan resolusi Full HD+, plus refresh rate-nya sudah 90Hz. Intensitas layarnya mencapai 650 nits, ditambah dengan fitur Sunlight Display biar konten di layar tetap terlihat meski di bawah paparan sinar matahari yang terik.

Sudah, gak ada yang spesial lagi kan?

Pas buat harian, fast charging sudah 44W

Harga Rp3 jutaan jangan muluk-muluk kalau soal dapur pacu, asalkan lancar untuk pemakaian harian, sudah lebih dari cukup. Vivo Y36 dan Y36 5G pun disokong spesifikasi yang terbilang lumayan mantap di kelasnya.

Varian 4G atau standar ditenagai prosesor andalan Qualcomm di segmen menengah ke bawah, yakni Snapdragon 680. Sedangkan untuk versi 5G, ditenagai prosesor Dimensity 6020 yang jadi ‘nama alias’ dari MediaTek Dimensity 810.

Baca Juga :

Jajal Redmi Note 12 Pro, Ponsel Baru Rasa Seri Dua Tahun Lalu

Keduanya diklaim memberikan kinerja yang cukup andal untuk pemakaian sehari-hari. Respon aplikasinya cepat, koneksi jaringan yang maksimal, serta pengalaman hiburan yang lebih baik, tentu tanpa mengorbankan daya yang lebih besar.

Keduanya pun dilengkapi dengan RAM 8 GB yang bisa diperluas menggunakan fitur Extended RAM sampai 8 GB. Dengan RAM total 16 GB, ponsel siap digunakan untuk mendukung beragam aktivitas pengguna tanpa ada kendala lagging.

Adapun ruang penyimpanannya sebesar 256 GB. Kalau dirasa belum cukup, kapasitas penyimpanannya bisa diperluas menggunakan microSD hingga 1 TB.

Dari pengujian internal Vivo, ruang penyimpanan ini sanggup menyimpan 850 episode drama Korea atau lebih dari 52 ribu foto.

Ditopang baterai 5.000 mAh yang tergolong jumbo, Vivo Y36 dan Y36 5G juga sudah didukung fast charging 44W. Dari pengujian internal Vivo, ngecas 15 menit saja, baterai sudah terisi hingga 30 persen.

Gak sekadar cepat, pengisian dayanya juga dilindungi oleh proteksi berlapis dari Vivo yang mencakup enam komponen, mulai dari smartphone, baterai, charging chip, port, kabel, dan power input, termasuk dalam empat aspek lainnya seperti arus listrik, voltage, suhu, dan perlindungan tambahan. 

Fitur lainnya

Vivo Y36 dan Y36 5G menawarkan total tiga kamera. Di belakang, Vivo menyematkan kamera utama 50 MP dengan kamera bokeh 2 MP. 

Sementara di depan, ada kamera selfie 16 MP. Kamera utama 50 MP jadi andalan utama di sektor ini, dimana kamera ini bisa membantu pengguna menciptakan berbagai konten berkualitas, seperti Double Exposure, Bokeh Flair Portrait, Portrait Light Effect, hingga Portrait Bokeh. 

Baca Juga :

Tanda Realme 11, 11 Pro & 11 Pro+ Bakal Rilis di Indonesia

Kemudian, Vivo Y36 dan Y36 5G juga mendukung NFC Multifunction, sudah berjalan di Funtouch OS 13 berbasis Android 13, koneksi Bluetooth 5.1 yang responsif, USB OTG, Radio FM, sensor sidik jari, bahkan hingga gyroscope.

Vivo Y36 standar sudah bisa dipesan melalui program pre-order dengan harga Rp3.399.000. Ponsel ini bisa didapatkan di Vivo Store, Erafone, dan mitra yang bekerja sama dengan Vivo di e-commerce, termasuk TikTok Shop.

Pre-order dimulai pada 25 sampai 31 Mei mendatang dengan ragam benefit, seperti gratis TWS senilai Rp299 ribu dan bundling khusus dengan XL Axiata.

Sementara Vivo Y36 5G, Vivo Indonesia belum mengumumkan harga resminya. Pun demikian dengan jadwal pre-order dari smartphone ini.