Hands-on Xiaomi Mix Flip: Bikin Ngarep HP Lipat Ini Masuk Indonesia

pada 1 bulan lalu - by

Uzone.id -Xiaomi gak mau kalah dari Samsung yang punya dua jenisfoldable phone. Selain Mix Fold 4 yang jadi pesaingSamsung Galaxy Z Fold6, Xiaomi juga punya HP lipat terbaru bergayaclamshell, yakniXiaomi Mix Flip.

Ponsel ini tak kalah menarik spesifikasi dan fiturnya, harga Xiaomi Mix Flip juga menggoda banget. Walau sekarang baru rilis di China saja -kemungkinan akan meluncur global bulan ini, Xiaomi Mix Flip dibanderol dengan harga mulai CNY5.999 atau setara Rp13,3 jutaan.

TimUzone.idberkesempatan menjajal langsung Xiaomi Mix Flip secara langsung. Sesaat menggunakannya bikin kami berharap, “Semoga Xiaomi bawa HP ini ke Indonesia.”

 

 

Cover screen layar doang

Ada beberapa hal yang kami suka dari Xiaomi Mix Flip, tapi paling favorit sihcover screen-nya. Selainfullscreen, tepiannya dibuat melengkung, jadi lebihsleekdan tak terkesan kaku. 

Xiaomi menyebut desain luarnya sebagai ‘’All Around Liquid’, layar seluas 4.01 inci yang gak cuma bisa menampilkan widget tertentu saja, tapi juga menjalankan aplikasi apapun dengan tampilan yang penuh. Jujur, bikin nagih berinteraksi dengancover screenXiaomi Mix Flip ini.

Luwes banget personalisasi di layar luar Xiaomi Mix Flip. Kalian bisa atur wallpaper yang berbeda denganhome screen, seperti Portraits, Doodles, dan yang paling unik adalah animasi hewan-hewan peliharaan dengan latar warna yangcatchypada menu Pets.

Buka aplikasi pihak ketiga gak butuh bantuan aplikasi tambahan lagi. Layar luar Mix Flip dapat membuka banyak aplikasi populer, dari medsos seperti Instagram, Facebook, dan X, pemutar video seperti YouTube, browsing di Google Chrome atau melihat Google Maps juga bisa di layar 4 inci ini. 

Smoothdan selama kami memakainya tak adabugtampilan. Meski memang, ada aplikasi yang ditampilkan benar-benarfullscreen, dan ada yang ditampilkan kecil secara vertikal dengan menyisakan ruang kosong pada sisi lainnya.

Oiya,cover screenXiaomi Mix Flip bisa berfungsi juga sebagaiviewfinderkamera. Kalau kalian selfie pakai kamera belakang, atau ingin teman-teman melihatpreviewgambar secara langsung, bisa banget menggunakan layar luar ponsel ini.

 

 

Desain premium, ada logo ‘Leica’

Unit yang kami coba berwarna Black yang sebenarnya berkelir abu-abu gelap. Tekstur warnanyamattehalus, sementara bingkainya terbuat dari aluminium berwarna agakglossydan dibuat datar, sebenarnya agak mirip dengan Samsung Galaxy Z Flip6.

Adapun engsel dari ponsel ini terbuat daristainless steelyang bisa dibuka sepenuhnya, atau pada sudut 45° dan 135°. Ada detail kecil yang sukses bikin taraf mewah ponsel ini meningkat, yakni kehadiran logo ‘Leica’.

Kalau sebelumnya bahas layar bagian luar, layar bagian dalam Xiaomi Mix Flip tak kalah mentereng. Panelnya LTPO OLED seluas 6,86 inci dengan aspek rasio 22:9. Resolusinya 1.224 x 2.912 piksel dengan dukunganrefresh rate120Hz, HDR10+, Dolby Vision, dan menyuguhkan intensitas cahaya hingga 3.000 nits.

Fitur-fitur tadi juga diusung oleh layar bagian luar, gak kaleng-kaleng memang Xiaomi sematkan layar berkualitas tinggi pada Mix Flip.

Saat dibuka, masih terlihat jejak lipatan di tengah-tengah layar utamanya, meski agak landai. Oiya, layarnya tak mendukungin-display fingerprint, kalian bisa membuka ponsel menggunakan sensor sidik jari di tepian bodi kanan ponsel.

Ponsel ini bagus, ketika dilipat pun tak terlihat adanya celah di antara layar. Kurangnya satu, dan ini lumayan fatal dibanding Samsung Galaxy Z Flip6. Tak ada jaminan perlindungan terhadap air, baik itu percikan atau saat tak sengaja kecemplung ke dalam air.So, hati-hati saja. 

 

 

Snapdragon 8 Gen 3

Xiaomi Mix Flip ditenagai prosesor Snapdragon 8 Gen 3 yang disandingkan dengan RAM LPDDR5X 12 GB dan memori UFS 4.0 hingga 512 GB. Ada juga opsi premium dengan RAM 16 GB dan ruang penyimpanan 1 TB.

Sistem operasi ponsel ini sudah HyperOS berbasis Android 14. Sebagian besar fiturnya tak ada beda dengan HyperOS padasmartphoneXiaomimainstreamlainnya, sehingga tak sulit untuk mengoperasikan ponsel ini kalau kalian sudah familiar dengan ponsel-ponsel Xiaomi.

Xiaomi Mix Flip ditopang baterai yang jumbo di kelasnya, kapasitasnya tembus 4.780 mAh yang mendukungfast charging67W, nyaris tiga kali lipat kecepatan yang ditawarkan Samsung Galaxy Z Flip6. Hanya saja, tak adawireless chargingsepertifoldable phoneSamsung tersebut.

 

 

Kamera Leica!

Leica memang jadi kelebihan paling spesial dari Xiaomi Mix Flip. Ponsel ini punya hardware kamera yang bagus yang disempurnakan oleh teknologi dari Leica.

Ada sepasang kamera 50 MP di belakang, masing-masing menggunakan sensor OmniVision OVX8000 atau Light Hunter 800 yang didukungoptical image stabilization(OIS), dan OmniVision OV60A yang dipasangkan dengan lensatelephotoyang juga mendukung OIS.

Di depan, ada kamera 32 MP yang sudah cukup mendukung kegiatan swafoto pengguna. Lantaran didukung Leica, ada dua mode warna yang bisa kalian terapkan, yakni Leica Vivid dan Leica Authentic.

 

 

Sementara untuk video, ponsel ini sudah mendukung perekaman 4K pada 60 FPS dan bahkan 8K pada 24 FPS menggunakan kamera utama. Bahkan,.perekaman HDR atau Dolby Vision juga dimungkinkan pada HP lipat Xiaomi ini.

Ngilergak lihat Xiaomi Mix Flip ini,Uzoners?