icon-category Gadget

Megahnya Lawang Sewu dari Bidikan Kamera 'Leica Authentic' Xiaomi 13T

Uzone.id - Xiaomi 13T adalah smartphone pertama Xiaomi yang resmi di Indonesia yang dilengkapi kamera ‘Co-engineered with Leica’. Dengan Leica, kamera Xiaomi 13T memiliki experience layaknya kamera sungguhan, Xiaomi menyebutnya sebagai Leica Authentic.

Leica Authentic merupakan salah satu dari dua adaptasi warna yang dapat diterapkan pada kamera Xiaomi 13T. Gaya Leica Authentic mereproduksi warna agar terlihat lebih realistis, memberikan preset warna khas dari jepretan kamera Leica M yang otentik.

Makanya, Leica Authentic sangat pas untuk memotret berbagai objek yang terlihat old school, termasuk gedung bersejarah di kota Semarang, Lawang Sewu.

Tim Uzone.id diajak oleh Xiaomi Indonesia untuk jelajah gedung bersejarah milik PT Kereta Api Indonesia (Persero) ini, dimana dulunya digunakan sebagai kantor pusat perusahaan kereta api swasta bernama Nederlandsch-Indische Spoorweg Maatschappij.

Sekalian saja, kami memanfaatkan kamera Xiaomi 13T dan menerapkan mode Leica Authentic untuk mengabadikan megahnya bangunan bersejarah yang selesai dibangun pada 105 tahun yang lalu, atau tepatnya pada tahun 1918.

Lawang Sewu secara harfiah berarti seribu pintu dalam bahasa Jawa. Sebenarnya, jumlah pintu dari bangunan peninggalan Belanda ini adalah 928 pintu. 

1701305255602

“Ini adalah sistem sirkulasi udara pada masa itu,” terang tour guide yang menemani kami selama di Lawang Sewu. 

Kami tak ingin kelewatan kesempatan ini untuk memotret lorong dan pintu-pintu yang berjejer pada bagunan yang didesain menyerupai huruf ‘L’ tersebut. 

IMG_20231129_115630

Kamera utama 50 MP dari Xiaomi 13T dengan optical image stabilization (OIS) berhasil menciptakan foto dengan detail yang bagus, plus warna yang menurut kami memiliki saturasi cukup rendah dengan efek vignette untuk memberikan kesan old school yang dramatis.

Saat mengambil foto, kami juga bisa memilih ragam filter yang tersedia, sebagian adalah filter khas Leica, termasuk Leica BW Nat dan BW HC yang sangat pas untuk memotret lorong dan bagian gedung lainnya yang sarat dengan unsur kolonial.

IMG_20231129_110817

Lawang Sewu memiliki ornamen kaca patri buatan Johannes Lourens Schouten. Dilihat dari berbagai sudut manapun, kaca patri ini sangat indah.

Lagi-lagi, kami mencoba memotret para pengunjung yang sedang asyik memotret di salah satu area utama Lawang Sewu tersebut dari jauh. 

Dengan Leica Authentic dan sedikit menurunkan brightness-nya, voila! Jadilah foto yang lagi-lagi terlihat dramatis dimana objek kaca patri tetap terlihat indah dan megah dengan sedikit bayangan di sisi kiri dan kanannya, demikian pula dengan potret siluet para pengunjung di bagian tengahnya.

IMG_20231129_110422

Memotret di kondisi yang cukup temaram ini seolah bukan jadi masalah buat kamera utama Xiaomi 13T. Oiya, biar makin kelihatan ‘Leica banget’, kalian bisa menerapkan watermark khusus Leica dalam pengaturan gambar.

Atau, kalian juga bisa menambahkan berbagai frame watermark dari Leica melalui fitur editing gambar di Gallery bawaan.

Mendekat ke objek kaca patri, kami mencoba memotret indahnya hiasan yang bercerita tentang kemakmuran dan keindahan Jawa, kekuasaan Belanda atas Semarang dan Batavia, kota maritim serta kejayaan kereta api.

IMG_20231130_072512

Warna kaca patri berhasil ditangkap dengan begitu baik oleh Xiaomi 13T. Diperbesar dengan mengetuk gambar dua kali, detailnya tetap bagus dan minim noise. 

IMG_20231129_110606

Beralih ke bagian luar gedung, bangunan utama Lawang Sewu sebenarnya selesai dibangun pada Juli 1907 atau 116 tahun yang lalu, sementara bangunan tambahan selesai dibuat pada tahun 1918.

IMG_20231129_110840

Tour guide mengatakan, 80 persen dari bangunan lawang Sewu didatangkan langsung dari Eropa dan tetap bertahan hingga kini, meski ada beberapa bagian yang harus direstorasi akibat usia dan cuaca panas khas wilayah tropis.

Xiaomi 13T lagi-lagi dapat menyimpan detail gedung bersejarah dari kolonial Belanda dengan baik. Mau memotret dengan kamera telephoto 50 MP atau ultrawide 12 MP, semuanya menghasilkan warna yang tajam walau gambar telah diperbesar.

Biar gak penasaran, berikut foto-foto gedung Lawang Sewu yang kami abadikan dengan kamera Xiaomi 13T.

Xiaomi 13T - Lawang Sewu

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini